Bursa Transfer Liga 1

Negosiasi Kontrak Baru David Da Silva dengan Persebaya Tersendat

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
David Da Silva kini telah berada di Brasil, namun negosiasinya dengan Persebaya masih berlangsung.
tirto.id - Persebaya dalam posisi di ujung tanduk untuk mempertahankan striker andalannya pada kompetisi GoJek Liga 1 2018 lalu, David Da Silva. Kontrak Da Silva dengan Persebaya berakhir penghujung tahun ini, tetapi bukan rahasia lagi jika Bajul Ijo berhasrat untuk mempertahankan eks penggawa Bhayangkara FC itu.

"Kami sudah tawari [perpanjangan kontrak], dan saat ini sedang negosiasi untuk mendapatkan titik temu. Kalau ada titik temu, kami lanjut. Kalau tidak, kami mencari opsi lain," ungkap manajer Persebaya, Candra Wahyudi seperti diwartakan Goal.

Saat ini Da Silva sendiri sudah berada di Brasil. Masalah gaji disinyalir jadi aspek yang belum disepakati kubu Da Silva dengan Persebaya. Sudah barang tentu banderol Da Silva menanjak jika mengacu pada performa impresifnya sepanjang tahun 2018.

David Da Silva merupakan penopang gol paling vital bagi Bajul Ijo musim ini. Berkat ketajamannya pula Persebaya dinobatkan sebagai klub paling produktif di GoJek Liga 1 2018.

Dari 60 gol musim ini, 20 di antaranya tercipta atas nama Da Silva. Artinya ia memasok sepertiga total gol skuat asuhan Djadjang Nurjaman. Da Silva juga turut mencatatkan tiga assist dari 23 penampilannya, baik sebagai pemain inti maupun pengganti.


Meski belum menemui titik temu, bukan tidak mungkin langkah Persebaya menahan Da Silva untuk tetap bermukim di Stadion Gelora Bung Tomo menemui titik terang. Pasalnya sang striker sudah nyaman tinggal di Surabaya. Rekan-rekan Da Silva di Persebaya pun sudah klop bermain di atas lapangan bersama pria asal Brasil itu.

"Dia [Da Silva] pemain asing yang luar biasa. Membuat tim lebih konfiden, sebaliknya menjadi teror buat lawan," ujar pemain Persebaya, Osvaldo Haay dalam wawancara November lalu.

Selain berada di peringkat dua daftar top skor Liga 1, musim ini Da Silva membawa Persebaya finis di papan atas klasemen akhir. Dengan catatan 50 poin, Bajul Ijo berada di urutan lima, terpaut 12 angka dari Persija selaku juara kompetisi.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan