NCT Dream Masuk 21 Under 21 Billboard Bersama Billie Eilish & Daya

Oleh: Syarifah Aini - 15 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
NCT Dream bersanding dengan sederet artis lain seperti Billie Eilish, Lil Nas X, Daya, Why Don't We, dan lain-lain.
tirto.id - NCT Dream masuk dalam daftar "21 Under 21: Music’s Next Generation" Billboard 2019. NCT Dream bersanding dengan sederet artis lain seperti Billie Eilish, Lil Nas X, Daya, Why Don't We, dan lain-lain. Berikut ini daftar "21 Under 21: Music’s Generation", sebagaimana dikutip dari situs web Billboard.
  1. Billie Eilish
  2. Lil Nas X
  3. Juice WRLD
  4. Lil Pump
  5. Chloe X Halle
  6. Lil Tecca
  7. Mason Ramsey
  8. Bad Baby
  9. Cristian Nodal
  10. Daya
  11. Why Don’t We
  12. Noah Cyrus
  13. NCT Dream
  14. Sabrina Carpenter
  15. King Princess
  16. Pretty Much
  17. Grace VanderWall
  18. Willow Smith
  19. Manuel Turizo
  20. Snail Mail
  21. Paloma Mami
Berdasarkan daftar top 21 artis yang dirilis, NCT Dream berhasil menduduki posisi ke-13 dengan total streaming sebanyak 75,5 juta. Posisi tersebut berhasil mengalahkan jajaran artis internasional lainnya yang juga masuk dalam daftar tersebut sejak tahun lalu seperti Sabrina Carpenter, Willow Smith, hingga Pretty Much.

Atas keberhasilannya tersebut, NCT Dream berhasil menjadi artis Asia pertama yang berhasil masuk dalam daftar “21 Under 21” Billboard. Tak hanya tahun ini, tahun sebelumnya, boy group besutan SM Entertainment ini juga masuk dalam daftar yang sama dan bersanding dengan jajaran artis internasional lainnya seperti Shawn Mendes, Jaden Smith, Lil Pump, hingga Khalid.

Bedanya, jika tahun lalu mereka berhasil masuk dalam daftar ke-20, maka pada tahun ini NCT Dream naik 7 peringkat menjadi peringkat ke-13.

NCT Dream merupakan sub unit dari boy group NCT yang dibentuk berdasarkan batas usia personel antara 17 hingga 19 tahun. Sub unit ini memulai debutnya pada tahun 2016 dengan personel Mark, Chenlee, Haechan, Jaemin, Jeno, Jisung, dan Renjun. Namun pada akhir tahun 2018, Mark resmi diwisuda dari NCT Dream karena umurnya telah menginjak 20 tahun.

Sementara itu keberhasilan NCT Dream dalam meraih posisi ke-13 dalam daftar "21 Under 21" Billboard tahun ini, diberikan kepada mereka atas pengaruh besar yang mereka berikan kepada industri musik dunia.

Dilansir Soompi, indikator keberhasilan dan pengaruh besar yang dihasilkan NCT terhadap dunia permusikan kategori usia remaja di dunia diukur dari hasil penjualan album, data streaming, impresi dari media sosial, pengaruhnya terhadap siaran TV dan video, reputasi, pertumbuhan perusahaan yang menaunginya, dan hal-hal lain yang memberikan pengaruh terhadap industri musik global.



Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight