Nasdem Incar Anies, Ridwan Kamil, Ganjar, Khofifah Jadi Capres 2024

Oleh: Mohammad Bernie - 11 November 2019
Partai Nasdem mengambil ancang-ancang: mendorong empat gubernur sebagai capres 2024.
tirto.id - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah mengambil ancang-ancang untuk Pemilihan Presiden 2024. Politikus Nasdem Zulfan Lindan bahkan berkata akan mendorong empat gubernur untuk maju ke Pilpres 2024.

"Itu paling tepat. Nasdem mengincar empat gubernur untuk menjadi capres nanti," kata Zulfan di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Empat gubernur itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Zulfan mengklaim empat gubernur itu bekerja dengan baik sehingga layak dicalonkan oleh Nasdem.

Kempat gubernur yang berusia relatif muda itu menjadi salah satu alasan bagi Ketua Umum Nasdem Surya Paloh untuk tidak maju dalam Pilpres 2024. Di sisi lain, klaim Zulfan, Surya memang enggan mencalonkan diri sebagai presiden.

Nasdem berencana menggelar konvensi untuk mencari sosok capres 2024. Ketua SC Kongres II Nasdem Sugeng Suparwoto mengungkap rencana konvensi itu digelar dua tahun sebelum Pilpres 2024. Sugeng menyebut siapa pun bisa ikut dalam kontestasi tersebut.

Keputusan menggelar konvensi bukan berarti Nasdem tak punya kader yang layak sebagai capres 2024, kata Sugeng.

Sugeng berdalih konvensi itu demi menempatkan fungsi utama Nasdem sebagai partai politik, yakni sarana bagi kepemimpinan nasional. Karena itu Nasdem membuka kesempatan bagi semua orang untuk menjadi calon presiden.

"Kami tidak lantas ego seolah kepemimpinan terbaik itu hanya dari Nasdem. Kami sadar masyarakat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, semua punya hak konstitusi untuk jadi pemimpin nasional," dalih Sugeng.

Selain itu, mencari sosok capres di luar Nasdem demi mendongkrak target Nasdem memenangi Pemilu 2024.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Maya Saputri
DarkLight