Pemilu Serentak 2024

Nasdem Capreskan Anies, Gerindra: Mari Berkompetisi Secara Sehat

Reporter: Fatimatuz Zahra, tirto.id - 4 Okt 2022 15:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut pencapresan adalah hak setiap partai politik.
tirto.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memberikan ucapan selamat untuk Partai Nasdem yang telah mengumumkan nama Anies Baswedan sebagai bakal capres yang akan diusung dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Untuk Partai Nasdem kami ucapkan selamat karena telah mempunyai capres dan mari kita kemudian berkompetisi secara sehat,” kata Dasco kepada wartawan di Gedung DPR RI, Selasa, 4 Oktober 2022.

Dasco juga menyebut pencapresan adalah hak setiap partai politik. “Dan dalam demokrasi ini tentunya partai politik sah-sah saja mencapreskan capres yang diinginkan," ujarnya.

Sebagai informasi, Anies bukan orang baru bagi Gerindra. Dia merupakan figur yang diusung Gerindra bersama koalisinya pada Pilgub DKI 2017. Saat itu, Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno berhasil mengalahkan petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Anies diumumkan sebagai bakal capres oleh Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh pada Senin, 3 Oktober 2022.

“Maka dalam kapasitas saya sebagai ketua umum partai yang mengamanatkan untuk memilih nama dari hasil rakernas, saya mendengarkan berbagai perspektif, izinkanlah institusi bernama Partai Nasdem untuk menempatkan kepentingan nasional dari kepentingan partai itu sendiri,” kata Paloh dalam pidatonya di Gedung Nasdem Tower pada Senin (3/10/2022).

“Maka yang ingin dicari dari Nasdem adalah yang terbaik dari yang baik-baik. Inilah kenapa akhirnya Nasdem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan,” kata Paloh menambahkan.

Paloh meyakini Anies Baswedan memliki visi dan misi sesuai dengan Nasdem bila kelas terpilih menjadi presiden.

“Insya Allah jika saudara Anies Rasyid Baswedan terpilih menjadi presiden. Maka bangsa ini menjadi lebih bermartabat dan mampu membentuk karakter dari pada bangsa ini sejatinya," terangnya.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Fatimatuz Zahra
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fatimatuz Zahra
Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Abdul Aziz

DarkLight