Nasdem Berencana Gelar Konvensi untuk Jaring Capres 2024

Oleh: Mohammad Bernie - 11 November 2019
Konvensi akan dibuka pada 2022 atau dua tahun sebelum pelaksanaan Pilpres 2024.
tirto.id - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berencana menggelar konvensi untuk menjaring bakal calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024. Hal itu diputuskan dalam Kongres ke-2 Partai Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Ketua SC Kongres II Nasdem Sugeng Suparwoto mengatakan konvensi akan dibuka pada 2022 atau dua tahun sebelum pelaksanaan Pilpres 2024. Ia menegaskan konvensi ini bukan hanya untuk internal kader Nasdem, tapi semua calon presiden potensial.

"Prinsipnya adalah Nasdem akan mencari calon-calon pemimpin atau calon presiden dan wakil presiden dalam kontestasi pemilihan presiden nanti adalah putra putri terbaik bangsa ini," kata Sugeng di JIExpo Kamayoran.

Keputusan menggelar konvensi, kata Sugeng, bukan berarti Nasdem tak punya kader yang layak untuk maju ke palagan 2024. Ia mengatakan Nasdem hendak kembali ke fungsi utama partai yakni rekrutmen kepemimpinan.

"Kami tidak lantas ego seolah dipastikan kepemimpinan terbaik itu hanya dari Nasdem. Tidak, kami sadar sesadar-sadarnya bahwa masyarakat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, semua punya hak konstitusi untuk jadi pimpinan nasional," kata dia.

Selain itu, tambah Sugeng, konvensi diambil lantaran target Nasdem adalah memenangi Pemilu 2024. "Ini adalah bagian dari bagaimana kita menggerakkan mesin partai."



Baca juga artikel terkait KONGRES NASDEM atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight