Nantes Tagih Cardiff Pembayaran Transfer Emiliano Sala

Oleh: Khairul Ma'arif - 26 Maret 2019
Perseteruan biaya transfer Sala belum selesai kendati sang pemain telah meninggal dunia.
tirto.id - FC Nantes melayangkan protes ke FIFA terkait biaya transfer pembelian Emiliano Sala yang belum dibayarkan Cardiff City. FIFA memberikan tenggat sampai 3 April bagi Cardiff untuk merespons keluhan Nantes.

Pihak Cardiff sendiri mengaku menerima teguran dari FIFA tersebut. Mengutip Guardian, Selasa (26/3/2019), juru Bicara Cardiff mengatakan, "Klub mengetahui permintaan FIFA untuk menanggapi pada 3 April dan sedang memproses hal itu. Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut tentang hal ini pada tahap ini."

Meski begitu, pihak Cardiff menolak pembayaran itu lantaran kontrak Sala ditolak oleh Premier League. Cardiff beragumen bahwa syarat untuk penyelesaian kesepakatan tidak dapat dipenuhi oleh Nantes dan Sala tidak terdaftar sebagai pemain Liga Inggris.

Sementara itu, juru bicara Nantes mengatakan, “FC Nantes telah menyelesaikan semua dokumen yang diperlukan untuk menyelesaikan transfer Emiliano Sala, FIFA mendaftarkan sertifikat transfer internasional pada 21 Januari 2019 pukul 5.30 sore. Nantes sepenuhnya mematuhi aturan FIFA”.

“Mengenai pendaftaran Emiliano Sala di Liga Inggris, FC Nantes tidak memiliki informasi tentang itu. Dan jika itu bisa menjadi masalah bagi Cardiff, itu bukan masalah bagi Nantes," Tambahnya.

Sala merupakan transfer pemain tertinggi Cardiff yang dibeli dari Nantes denga mahar 15 juta euro. Namun, pemain asal Argentina ini tewas dalam kecelakaan pesawat yang hilang di Selat Inggris pada 21 Januari lalu.

Melansir BBC, dalam kesepakatan transfernya, Cardiff City harus membayar 5 juta Euro untuk pembayaran pertama dengan tenggat 20 Februari. Namun, Cardiff menunda pembayaran tersebut sampai proses investigasi pencarian pesawat yang membawa Sala ditemukan.

Nantes juga sepakat terkait batas waktu tambahan pembayaran Sala untuk Cardiff City. Namun, batas waktu diperpanjang tetapi tanpa pembayaran diterima, oleh karena itu akhirnya Nantes membawa masalah tersebut ke ruang penyelesaian perselisihan FIFA.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Khairul Ma'arif
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Khairul Ma'arif
Editor: Ibnu Azis