Naik Ontel ke KPU, Gibran Rakabuming Daftar Cawalkot Solo

Oleh: Irwan Syambudi - 4 September 2020
Mengendarai sepeda diiringi para pendukungnya, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi mendaftarkan diri ke KPU Surakarta.
tirto.id - Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta pada Pilihan Wali Kota (Pilwalkot) 2020.

Mereka mendatangi kantor KPU Surakarta pada Jumat (4/9/2020) tepat pukul 14.30 WIB dengan mengendarai sepeda diiringi para pendukungnya. Gibran dan Teguh sama-sama mengenakan baju lurik, memakai blangkon dan kain jarik.

Gibran datang bersama sang istri, Selvi Ananda yang mengenakan kebaya berwarna coklat muda dengan kain berwarna coklat tua. Serupa dengan Selvi, istri Teguh Prakosa juga mengenakan kebaya lengkap dengan masker yang menutupi hidung dan mulut mereka.

Melalui akun sosial media resmi KPU Surakarta yang menyiarkan proses pendaftaran secara online, Gibran dan Teguh masuk ke kantor KPU didampingi Ketua DPC PDIP Kota Surakarta cum Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

"Kami batasi hanya 12 orang saja yang boleh masuk," kata ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti saat memaparkan tahapan pendaftaran.

Hadi Rudyatmo yang mendampingi pasangan calon menyerahkan berkas pendaftaran. Kemudian KPU melakukan pemeriksaan.

"Ini sah dan tinggal KPU melakukan penelitian berkas syarat calon," ungkap Nurul.

Sebelum berangkat ke kantor KPU Surakarta, pasangan ini lebih dulu menghadiri acara di Kantor DPC PDIP Surakarta. Setelah mendengarkan arahan dari FX Hadi Rudyatmo, barulah mereka menuju ke kantor KPU menaiki sepeda onthel.

Gibran dan Teguh didukung tujuh partai politik di antaranya PDIP, PAN, Gerindra, PSI, PPP, PKB dan partai Golkar.

Mereka akan melawan pasangan Bagyo Wahyono dan Suparjo (Bajo) yang maju melalui jalur non partai. Mereka sebelumnya telah dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Surakarta.


Baca juga artikel terkait PILWALKOT SOLO 2020 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Bayu Septianto
DarkLight