MV Resmi "ON" BTS Raih 44,2 Juta Tayangan di YouTube dalam 24 Jam

Oleh: Maria Ulfa - 29 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Dalam kurun waktu 24 jam, music video (MV) resmi milik BTS untuk lagu “ON” berhasil meraih 44,2 juta penayangan di YouTube.
tirto.id - Music video (MV) resmi milik BTS untuk lagu “ON” berhasil meraih 44,2 juta penayangan di YouTube dalam kurun waktu 24 jam sejak dirilis pada Kamis (27/2/2020) pukul 24.00 KST, atau 22.00 WIB.

Sebagaimana dikutip Soompi, pada Jumat (28/2/2020) pukul 22.00 WIB, MV “ON” yang merupakan lagu utama dalam album lengkap terbaru Map of the Soul: 7 tersebut berhasil ditonton sebanyak 44.231.073 kali di YouTube. Sementara jumlah resminya sendiri hingga kini belum dikonfirmasi oleh pihak YouTube.

Sementara itu, tagar #YtBring67Mback telah digaungkan oleh para penggemar BTS, ARMY karena mereka mempertanyakan mengapa lebih dari 67 juta penayangan untuk MV "ON" telah dihilangkan oleh pihak YouTube. Para penggemar mengklaim, mereka telah melihat jumlah tayangan tersebut melalui pelacak real time.

Meski demikian, tangkapan layar dari jumlah tayangan real time yang dibagikan oleh sejumlah penggemar di Twitter tersebut belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Sebelumnya, MV BTS “ON” versi Kinetic Manifesto Film: Come Prima berhasil meraih 43.242.211 penayangan di YouTube dalam kurun waktu 24 jam sejak dirilis pada 21 Februari 2020 pukul 16.00 WIB.

Sementara itu, jumlah penayangan untuk MV “ON” kali ini belum bisa mengalahkan rekor yang dipegang oleh BTS sebelumnya melalui MV "Boy With Luv (Feat. Halsey)". Yang mana, MV tersebut berhasil mencapai 74,6 juta penayangan dalam 24 jam sejak dirilis.

Kemungkinan, hal itu terjadi karena perubahan sistem dari pihak YouTube dalam menghitung rekor debut video dalam 24 jam. Sistem chart musik YouTube memang telah menghadapi beberapa kontroversi selama beberapa bulan terakhir.


Hal tersebut disebabkan oleh rapper asal India, Badshah yang merilis lagu “Paagal” pada Juli 2019 dan ia berhasil memecahkan rekor penonton dalam 24 jam. Badshah mengalahkan rekor BTS dengan 75 juta views, yang mana sebelumnya rekor itu dipegang BTS dengan 74,6 juta penonton.

Bloomberg kemudian melaporkan bahwa Badshah dan timnya telah membeli iklan yang menyematkan atau mempromosikan video tersebut. Hal ini menyebabkan jumlah tayangan MV milik Badshah meningkat secara drastis.

“Kami berupaya mempertahankan konsistensi dan kredibilitas di seluruh platform kami, kami telah membuat beberapa revisi yang diperlukan untuk metodologi kami dalam melaporkan debut rekor 24 jam,” ujar pihak YouTube, seperti dikutip The Verge.

Perubahan baru tersebut adalah bahwa video yang memenuhi syarat untuk debut rekaman harus berasal dari sumber organik, termasuk di antaranya adalah tautan langsung ke video, hasil pencarian, situs eksternal yang menyematkan fitur video dan YouTube seperti beranda, tonton berikutnya dan Tren.

Sebagai informasi, MV resmi "ON berhasil memecahkan rekor sebagai video yang paling banyak ditonton dalam pemutaran perdana atau premiere di YouTube.

Premiere MV "ON" ini dimulai pada 27 Februari 2020 sekitar pukul 21.58 WIB, dan lebih dari 1,5 juta orang menonton premiere "ON" bersama untuk pertama kalinya dalam pemutaran perdana di YouTube.

Kevin Allocca, Head of Culture & Trends YouTube mengonfirmasi melalui akun Twitter-nya, premiere "ON" mencetak rekor baru dengan views terbanyak untuk pemutaran perdana. BTS mengalahkan rekor sebelumnya dengan penonton sekitar 500.000 orang lebih banyak.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight