Liga Champions

Munchen vs Liverpool: Adu Tangkas Neuer dengan Alisson

Oleh: Permadi Suntama - 13 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Munchen vs Liverpool tak sekadar laga krusial perebutan tiket ke perempat final, tapi juga sebagai panggung adu tangkas masing-masing penjaga gawang.
tirto.id - Bayern Munchen akan menjamu Liverpool di Alianz Arena, dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3/2019), pukul 03.00 WIB. Laga ini sekaligus menjadi panggung adu ketangkasan antara penjaga gawang kedua tim, yakni Alisson Becker dan Manuel Neuer.

Berdasarkan statistik dari Whoscored, dari 7 laga saat bersama Bayern Munchen di Liga Champions, Manuel Neuer memiliki rerata 10,9 kali menyelamatkan gawangnya dari ancaman lawan. Terpaut tipis, Alisson memiliki rerata 9,4 kali penyelamatan per laga.

Dikutip dari laman resmi Bayern Munchen, Manuel Neuer menyebut bahwa keberhasilannya tidak kebobolan pada leg pertama telah meningkatkan kepercayaan dirinya. Kendati begitu, ia tetap mewaspadai atas segala kemungkinan yang dapat dilakukan oleh pemain Liverpool pada leg kedua nanti.

"Itu tidak membuat saya lebih percaya diri bahwa Mohamed Salah tidak mencetak gol [di leg pertama]. [namun] Tidak penting siapa [pemain] yang [berusaha] mencetak gol, kami harus mewaspadai semua pemain [lawan]. Pada situasi set piece, mereka juga memiliki van Dijk [yang akan kembali tampil] dan Joel Matip. Kami ingin menghentikan mereka [sebelum] masuk ke area berbahaya.

"Saya pikir Liverpool akan tampil menyerang, jadi kami harus bertahan dengan baik. Tapi kami pasti akan lebih menyerang daripada [yang kami lakukan] di leg pertama," kata Neuer.

Sementara itu di kubu tim tamu, penjaga gawang Alisson Becker, menegaskan bahwa timnya akan tampil habis-habisan demi lolos ke babak berikutnya. Ia pun mengabaikan saran sejumlah pundit yang menyebut bahwa lebih baik Liverpool melepaskan Liga Champions dan berkonsentrasi untuk memenangi Premier League.

“Itu [situasi yang kami alami] tidak mengubah apa pun. Kami memiliki tujuan kami dan kami berjuang untuk itu. Tujuan kami adalah untuk memenangkan liga dan semua [kompetisi] yang kami ikuti, [jadi] Liga Champions juga. Kami berjuang di periode ini. Tim ini adalah tim yang hebat. Kami fokus pada pertandingan berikutnya [melawan Bayern] dan ini merupakan tantangan bagi kami,” kata Alisson seperti dikutip laman resmi Liverpool.

Kedua kiper itu pun diprediksi akan tampil habis-habisan untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Jika skor kacamata bertahan hingga waktu normal usai, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu, bahkan adu penalti. Menanggapi kemungkinan tersebut, Alisson menyebut bahwa timnya telah siap dengan segala kemungkinan yang dapat terjadi di lapangan.

“Kami siap untuk pertandingan [melawan Bayern] dan kami tahu adu penalti bisa terjadi, jadi kami akan mencoba kembali [ke Liverpool] dengan kemenangan untuk [lolos] ke babak berikutnya, tetapi cara yang kami gunanakan [untuk olos] saya tidak tahu. Jadi, kami siap untuk semuanya besok malam,” ujar mantan penjaga gawang AS Roma itu.

Sementara itu, Manuel Neuer berharap laga Bayern Munchen vs Liverpool tidak akan berlangsung sampai babak adu penalti. Meski demikian, ia dan rekan-rekannya telah mencoba untuk mengantisipasi semua kemungkinan yang akan terjadi.

"Kami mencoba hal-hal dalam pelatihan untuk menciptakan ketegangan [yang mungkin kami alami, termasuk adu penalti] tetapi kami harap tidak melakukannya [adu penalti]. Sebagai penjaga gawang, aku tidak suka berlatih [adu penalti] dalam pelatihan," tandas Manuel Neuer.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ibnu Azis
DarkLight