Munas Golkar X Bahas AD/ART hingga Kebijakan Partai

Oleh: Bayu Septianto - 5 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Munas X Partai Golkar masih berlanjut dengan agenda perumusan kebijakan organisasi pada Kamis (5/12/2019).
tirto.id - Musyawarah Nasional (Munas) X Partai Golkar masih berlanjut hari ini, Kamis (5/12/2019). Padahal, forum Munas telah menetapkan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar periode 2019-2024 yang terpilih secara aklamasi.

Juru Bicara Munas X Partai Golkar, Christina Aryani mengatakan agenda Munas hari ini adalah persidangan di komisi-komisi dalam rangka merumuskan kerangka organisasi dan segala kebijakan partai untuk lima tahun ke depan.

"Agenda sidang komisi-komisi akan membahas hal-hal penting untuk merumuskan kebijakan-kebijakan terkait organisasi, program umum partai, rekomendasi, serta pernyataan politik," kata Christina dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/12/2019).

Terdapat tiga komisi yang telah memulai persidangan sejak pagi hari tadi. Tiga komisi itu yakni Komisi A yang membahas penataan struktur organisasi hingga rekomendasi dipimpin Azis Syamsuddin, Sarmuji, Dedi Mulyadi, serta Tetty Paruntu.

Dua komisi lainnya membahas membahas program umum yang menjadi tugas Komisi B. Sedangkan Komisi C membahas pernyataan politik Munas X Golkar.

Menurut Christina seluruh proses dalam Munas hingga nanti berakhir merupakan capaian besar dan positif bagi Partai Golkar. Ia menambahkan ada banyak agenda besar menanti partai berlambang pohon beringin ini sehingga persidangan di tiga komisi ini untuk menyolidkan Partai Golkar.

Persidangan pada hari ini, kata Christina, juga akan menentukan apakah Airlangga sebagai ketua umum yang baru akan menjalankan fungsi sebagai formatur tunggal atau sebagai ketua formatur dengan dibantu beberapa formatur lainnya dalam menyusun kepengurusan.

"Kami percayakan pada ketua umum bisa memutuskan yang terbaik," pungkas Christina.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar demisioner, Ace Hasan Syadzily mengatakan rapat komisi bakal dirampungkan pada hari ini juga. Sedikit ada perubahan jadwal, Munas ke X Partai Golkar yang rencananya akan ditutup besok, dikabarkan bakal ditutup pada malam hari ini, dan akan dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.

"Nanti malam jam 19.00 akan ditutup oleh Wapres, KH Ma’ruf Amin," ucap Ace.



Baca juga artikel terkait MUNAS GOLKAR atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Widia Primastika
DarkLight