Mulyadi-Ali Kembaikan SK Dukungan, PDIP Sebut Cuma Cari Popularitas

Oleh: Irwan Syambudi - 6 September 2020
Mulyadi-Ali Mukhni maju dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat 2020.
tirto.id - Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kritiyanto mengomentari pengembalian surat keputusan (SK) dukungan untuk Pemilihan Gubenur Sumatera Barat (Pilgub Sumbar) dari bakal pasangan calon Mulyadi-Ali Mukhni. Hasto menyebut hal itu sebagai bagian mencari popularitas.

“Sejak awal saya sudah menduga bahwa Mulyadi tidak kokoh dalam sikap sebagai pemimpin, sehingga mudah goyah dalam dialektika ideologi," ujar Hasto kepada wartawan, Ahad (6/9/2020).

Pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang berbunyi "Semoga Sumbar jadi provinsi yang mendukung negara Pancasila" jadi alasan Mulyadi mengembalikan SK dukungan tersebut.

Hasto bilang pernyataan itu merupakan suatu harapan agar Sumbar jauh lebih baik. Ia mengatakan sejarah mencatat dalam tinta emas kepeloporan para pahlawan Sumbar.

Ia menyebut sejumlah pahlawan nasional dari Sumbar seperti Moh Hatta, KH Agus Salim, Prof Mohammad Yamin, Rohana Kudus, HR Rasuna Said, Moh Natsir, Tan Malaka dll. Para tokoh tersebut kata dia adalah para pejuang bangsa, sosok pembelajar yang baik, dan menjadi keteladanan seluruh kader Partai.

Namun sikap Mulyadi yang mengembalikan dukungan dari PDIP itu menurutnya bisa dipahami. "Karena politik kekuasaan bagi yang tidak kokoh dalam prinsip, hanya menjadi ajang popularitas," ujarnya.

Namun dengan berbagai modal kultur dan kepeloporan pahlawan di Sumbar, harusnya kata Hasto seorang calon pemimpin di daerah tersebut melihat ucapan Puan sebagai suatu masukan.

“Apa yang disampaikan Mbak Puan merupakan bagian dari dialektika ideologis dan disampaikan dengan baik, dengan lafal Bismillah. Jadi mari kita lihat secara obyektif dan proporsional, dan dijauhkan dari dinamika Pilgub,” ujar Hasto.

Mulyadi yang saat ini tercatat sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat hendak mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumbar berpasangan dengan Ali Mukhni kader PAN yang kini menjabat sebagai Bupati Padang Pariaman.


Baca juga artikel terkait PILGUB SUMBAR 2020 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight