Mulai 15 Juni, Bandara Kertajati Layani Penerbangan Rute Luar Jawa

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 17 Mei 2019
Penerbangan dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung bakal segera dipindah secara bertahap ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka.
tirto.id - Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan penerbangan dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung bakal segera dipindah secara bertahap ke Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka.

Sedikitnya ada 12 penerbangan rute domestik yang akan mulai dialihkan dalam waktu dekat.

"Kita akan pindahkan traffic Husein ke Kertajati, yang diprioritaskan itu adalah penerbangan domestik ke luar Jawa ada kurang lebih 12 destinasi," ungkap Awaluddin, di Jakarta Kamis (16/5/2019) malam.

Ditanya perihal jadwal pengalihan penerbangan tersebut, Awal menjelaskan bahwa rencananya akan dilakukan pada 15 Juni mendatang. Dengan adanya pemindahan penerbangan ini, kata Awal, diharapkan Bandara Kertajati tidak sepi lagi.

"Kertajati akan kita percepat lakukan pemindahan sebagian traffic dari Husein Sastranegara, insyaallah 15 Juni 2019," kata Awaluddin.

Ia tak merinci mana saja rute yang akan dilayani oleh Bandara Kertajati. Awaluddin hanya menjelaskan, rute domestik yang akan dilayani bandara baru di Jawa Barat ini adalah rute domestik tujuan luar Pulau Jawa.

Sementara, untuk rute penerbangan domestik dalam Pulau Jawa dan penerbangan rute internasional masih akan dilayani Bandara Husein Sastranegara.

"Jadi sisanya di Husein adalah domestik dalam Jawa dan kemudian internasional. Internasional sementara belum di Kertajati, masih di Husein," tutup dia.

Sebelumnya, Bandara Kertajati juga ditetapkan akan melayani penerbangan umrah dan haji untuk calon jemaah di Jawa Barat bagian selatan.

Pemerintah Daerah Jawa Barat juga tengah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung seperti penyediaan asrama haji di sekitar bandara.


Baca juga artikel terkait BANDARA KERTAJATI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri