MUA Adalah Apa & Bagaimana Cara Memilih MUA untuk Acara Pernikahan?

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 16 Agu 2022 09:14 WIB
Dibaca Normal 2 menit
MUA adalah singkatan dari make up artist, lalu bagaimana tips untuk memilih MUA pada acara pernikahan?
tirto.id - Tampil cantik saat melangsungkan dan menggelar acara pernikahan tentu menjadi impian setiap perempuan.

Guna menunjang hal tersebut tentu Anda harus menentukan dan memilih make up artist atau biasa disingkat dengan MUA yang tepat untuk merias wajah Anda, sesuai dengan warna kulit serta bentuk wajah.

Memilih MUA yang sesuai dengan keinginan tentu juga bukan hal yang mudah. Sehingga tak heran jika pemilihan MUA masuk menjadi salah satu daftar penting dalam persiapan pernikahan.

Cara memilih MUA untuk acara pernikahan


Guna mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda pertimbangkan saat akan memilih MUA dalam pesta pernikahan Anda, yaitu,

1. Tentukan dahulu konsep pernikahan Anda

Dilansir dari laman Siap Nikah milik BKKBN, hal penting dalam menentukan jenis riasan yang tepat untuk Anda adalah konsep pernikahan.

Make up yang digunakan tentu akan berbeda pada setiap konsep yang berbeda misalnya antara pernikahan dengan adat Jawa dan pernikahan modern. Setelah Anda yakin dengan konsep pernikahan, Anda bisa mencari MUA yang pas sesuai dengan konsep yang Anda inginkan.

Sebab, sering kali MUA juga memiliki spesifikasi tersendiri, misal MUA tertentu lebih fokus dan konsen dengan riasan adat tetapi bisa jadi ia kurang terampil untuk make up pernikahan modern, begitu pula sebaliknya.

Infografik SC Memilih MUA untuk Pernikahan
Infografik SC Memilih MUA untuk Pernikahan. tirto.id/Quita


2. Kenali jenis dan warna kulit Anda

Sebelum menentukan MUA yang akan Anda gunakan jasanya, Anda perlu mengenali jenis dan warna kulit. Jangan sampai riasan yang diaplikasikan justru membuat Anda seperti memakai topeng.

Warna kulit dan jenis kulit sangatlah berpengaruh pada riasan yang akan Anda gunakan nanti. Misalnya Anda memiliki tone kulit yang gelap tentu cocok dengan warna yang tidak begitu cerah.

3. Mencari referensi dan melakukan riset

Mencari referensi dari mulut ke mulut sering kali merupakan cara paling andal untuk mendapatkan MUA yang terampil dan sesuai dengan keinginan Anda.

“Saat mencari penata rias, saya menemukan bahwa rujukan (rekomendasi) adalah cara yang bagus untuk memulai!” kata Nicole Pucillo, seorang MUA seperti dilansir dari laman Brides.

“Banyak klien saya direkomendasikan kepada saya oleh klien lama dan klien saat ini selama bertahun-tahun. Selalu menyenangkan menemukan penata rias yang datang dengan rekomendasi dari seseorang yang Anda kenal.” tambahnya.

Selain mencari referensi atau rekomendasi MUA dari teman, kerabat maupun keluarga, Anda juga bisa mencari referensi dengan berselancar di internet atau melalui sosial media yang biasanya telah lengkap dengan portofolio dan testimoni.

4. Sebaiknya mencari MUA yang dekat dengan tempat tinggal Anda

MUA bagus memang penting, tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi tempat tinggal MUA tersebut dengan rumah Anda atau lokasi pesta pernikahan.

Sebab, jarak tentu saja menjadi salah satu hal yang penting agar perias pengantin tidak datang terlambat ke lokasi pernikahan lantaran terhambat oleh kemacetan atau jarak yang terlalu jauh.

Selain itu, ongkos MUA yang jauh bisa membuat bujet Anda menjadi membengkak karena Anda juga harus menanggung biaya perjalanan MUA itu.

5. Tetap pilih MUA sesuai dengan bujet yang dimiliki

Hal krusial lain yang perlu Anda perhatikan adalah tetap menyesuaikan seluruh pengeluaran untuk MUA dengan anggaran yang telah ditetapkan. Anda harus mampu mengalokasikan anggaran yang ada. Sebaiknya, tetaplah jadikan harga sebagai pertimbangan agar biaya pernikahan tidak terlalu menguras dompet.

6. Lakukan tes make up

Melakukan tas make up penting untuk Anda lakukan. Sebab, hal ini menjadi salah satu langkah yang penting karena Anda bisa melihat gambaran penampilan yang akan terjadi di hari pernikahan. Pada tahap ini Anda juga bisa menambahkan apa saja yang kurang atau yang ingin diperbaiki dari riasan yang dilakukan MUA tersebut.

Jangan lupa untuk mengambil gambar hasil tes ini di ponsel Anda untuk melihat bagaimana hasil riasan akan terlihat di foto. Selain itu, Anda bisa meminta pendapat dari orang terdekat tentang riasan yang dilakukan.

Memilih rias pengantin memang salah satu hal yang paling krusial di hari pernikahan. Rias pengantin akan menentukan apakah Anda akan tampil on point atau tidak. Jangan lupa untuk terus melakukan seleksi sampai Anda mendapatkan MUA yang sesuai dengan keinginan.

7. Tanyakan soal produk yang dipakai MUA

Anda juga perlu menanyakan secara detail mengenai produk yang MUA gunakan. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko iritasi karena salah pakai produk make up. Apalagi jika Anda adalah salah satu orang dengan kulit sensitif.

Jika produk MUA yang Anda pilih tidak sesuai, Anda bisa pindah MUA atau Anda bisa meminta MUA tersebut mengganti produknya sesuai dengan kulit yang Anda miliki.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight