Mozilla Luncurkan Firefox Send, Layanan Kirim File Terenkripsi

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 14 Maret 2019
Mozilla klaim layanan Firefox Send aman lantaran terenkripsi end-to-end untuk mencegah akses pihak tidak berwenang.
tirto.id - Mozilla memperkenalkan Firefox Send, sebuah layanan kirim dan terima file terenkripsi, yang tak hanya aman namun juga menjaga privasi data penggunanya.

Layanan yang diperkenalkan pada Rabu (13/3/2019) itu dapat diakses melalui laman send.firefox.com.

Melansir Blog Mozilla, Kamis (14/3), cara kerja layanan Firefox Send tak jauh berbeda dengan cloud storage yang sudah ada.

Pengguna dapat mengunggah file yang akan dikirim dan membagikan tautan Firefox Send kepada penerima. Setelah itu penerima dapat segera mengunduh berkas tersebut.

File yang dapat diunggah melalui Firefox Send berukuran maksimal 1GB. Sedangkan pengguna yang sudah memiliki akun Mozilla dapat mengunggah berkas lebih besar mencapai 2,5GB.

Setelah file yang akan dikirim diunggah di Firefox Send, pengguna dapat mengatur masa kadaluarsa berkas tersebut berdasarkan jumlah download, yakni maksimal 100 kali unduhan.

Melansir GSM Arena, pengaturan kadaluarsa berdasarkan waktu ini memiliki batas maksimal yaitu 7 hari setelah file diunggah.

Mozilla mengklaim Firefox Send aman lantaran terenkripsi end-to-end untuk mencegah akses pihak tak berwanang. Mozilla juga sedang mengembangkan Firefox Send di Android yang saat ini masih dalam tahap beta.

"Firefox Send akan tersedia di Android dalam versi beta pada akhir pekan ini," pernyataan Mozilla di laman blognya.

Mozilla merupakan perusahaan teknologi yang melahirkan produk-produk populer untuk aktivitas di internet, di antaranya peramban Firefox, email client Thundebird, termasuk SeaMonkey Internet Suite.


Baca juga artikel terkait INTERNET atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight