MotoGP Catalunya 2019 Jadi Tantangan Rossi Raih Hasil Maksimal

Oleh: Permadi Suntama - 13 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Valentino Rossi punya tantangan meraih hasil maksimal di Grand Prix Catalunya pada Minggu (16/6/2019), meski sirkuit tersebut bukan favoritnya.
tirto.id - Valentino Rossi akan berupaya meraih hasil maksimal di Grand Prix Catalunya pada Minggu (16/6/2019) usai gagal total di seri terakhir, GP Italia, yang berlangsung di kandang sendiri. Pembalap berkebangsaan Italia itu gagal finis di Mugello karena mengalami crash dengan Joan Mir di putaran ke-8.

Dilansir dari Crash, pembalap berusia 40 tahun itu mengakui bahwa GP Catalunya bukan balapan favoritnya, sehingga seri ketujuh dalam MotoGP 2019 ini akan menjadi tantangan berat untuk The Doctor. Kendati demikian, merujuk hasil balapan yang ia dapat di Catalunya, Valentino Rossii memiliki rekor cukup apik dengan meraih 4 podium sejak kembali ke Yamaha pada 2013.

"Setelah akhir pekan yang rumit di Mugello kami menuju ke Barcelona, sebuah trek yang sangat saya sukai. Tentunya itu akan menjadi akhir pekan yang menantang di Spanyol, karena kami tidak begitu kompetitif di putaran terakhir [Mugello], dan kami harus bekerja keras," kata Rossi.

Pembalap veteran itu menyebut akan berupaya melakukan yang terbaik di Catalunya, guna memperbaiki posisinya di klasemen MotoGP 2019. Selain itu, Rossi juga memiliki kesempatan untuk memperbaiki masalah yang dihadapi Yamaha karena setelah balapan, akan ada sesi tes pada Senin (17/6/2019).

"Tapi, kami akan berusaha melakukan yang terbaik untuk memperbaiki masalah dan mencapai hasil sebaik mungkin. Pada hari Senin juga akan ada tes. Kami akan berusaha untuk bekerja sebaik mungkin dan memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya," tambah pembalap Monster Energy Yamaha tersebut.

Usai Grand Prix Italia di Mugello, Valentino Rossi gagal mempertahankan posisinya di klasemen MotoGP 2019. The Doctor gagal finis dan harus puas turun ke peringkat 5. Ia digeser oleh pembalap Italia lainnya, Danilo Petrucci (Ducati) yang berhasil menjadi juara di Mugello.

Direktur teknik Yamaha, Massimo Meregalli, pun mengakui performa motor dan pembalapnya di Mugello, jauh dari kata memuaskan. Oleh karenanya, ia ingin membayar hasil buruk tersebut dengan komitmen penuh untuk meraih hasil terbaik.

"Kami mengalami akhir pekan yang buruk di Mugello, dan sekarang kami ingin membayarnya. Tidak perlu dikatakan bahwa kami 100% berkomitmen untuk mendapatkan hasil terbaik," tutur Meregalli.

Musim lalu, Valentino Rossi, berhasil meraih podium setelah menjadi pembalap ke-3 yang menyentuh garis finis. Selain itu, ia pernah menjadi juara di Sirkuit Monster Energy de Catalunya pada 2016 silam. Ia juga berhasil 4 kali meraih podium dari 6 balapannya di Catalunya sejak kembali ke Yamaha pada musim 2013.


Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus