MotoGP Austin 2018, Rekor Enam Kemenangan Beruntun Marquez

Oleh: Fitra Firdaus - 23 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kemenangan di MotoGP Austin 2018 membuat Marc Marquez mencatatkan rekor selalu meraih 25 poin dalam enam tahun beruntun di Circuit of the Americas.
tirto.id - Marc Marquez mencatatkan enam kemenangan beruntun di GP Austin dalam enam tahun terakhir. Baby Alien tak pernah dikalahkan siapapun jika berlaga di Circuit of the America sejak 2013. Termasuk pada lomba Senin (23/4) ini kala ia demikian dominan dari awal hingga akhir.

Marc Marquez boleh kehilangan pole position di Grand Prix Austin pekan ini. Aksinya mengganggu Maverick Vinales tergolong tak terpuji, sehingga harus memulai lomba dari urutan keempat. Meskipun demikian, hal ini tidak membuat pesona Baby Alien menghilang.

Sebaliknya, start dari urutan keempat, Marc Marquez mampu melesat ke posisi pertama, dan mendominasi balapan hingga akhir. Ia mencatatkan waktu tercepat 41 menit 52,002 detik. Jumlah ini unggul jauh 3,56 detik dari sang runner-up Maverick Vinales.


Marc Marquez sendiri memang selau istimewa jika bertarung di GP Austin. Pada tahun 2013, dia menang di Circuit of The Americas dengan selisih 1,534 detik dari pesaing terdekat sekaligus rekannya sendiri di Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Tahun 2014, Marquez kembali menang. Lagi-lagi hanya ada Pedrosa yang membuntutinya. Itupun dengan selisih yang jauh lebih jauh lagi, berbeda 4,124 detik.

MotoGP 2015 menyaksikan Marc Marquez juara di Austin dengan selisih 2,354 detik dari runner-up, Andrea Dovizioso (Ducati). Selang setahun, sosok yang ada di belakang Marquez adalah Jorge Lorenzo dengan perbedaan 6,107 detik.

Musim lalu, Valentino Rossi mencatatkan diri finis di belakang Marquez di GP Austin dengan selisih waktu 3,069 detik. Lalu, pada MotoGP 2018, giliran rekan setim Rossi, Maverick Vinales yang ada di urutan kedua.

Bagi Marc Marquez, kemenangan di GP Austin adalah yang pertama musim ini. Sebelumnya di GP Qatar ia hanya berhak menerima 20 poin. Sementara itu, di GP Argentina, Baby Alien tidak mendapatkan angka karena aksinya menyenggol Valentino Rossi.

Dengan total 45 angka dari tiga balapan perdana musim ini, Marc Marquez melonjak ke peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2018. Dia hanya tertinggal satu poin dari sang pemuncak, Andrea Dovizioso (Ducati).


Baca juga artikel terkait MOTOGP atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Fitra Firdaus
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus