MotoGP 2020: Alex Marquez Pengganti Jorge Lorenzo di Repsol Honda

Oleh: Permadi Suntama - 19 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Alex Marquez akan berduet dengan Marc Marquez di Repsol Honda pada MotoGP 2020. Alex Marquez menggantikan Jorge Lorenzo yang pensiun pada akhir musim MotoGP 2019.
tirto.id - Honda Racing Corporation (HRC) telah mengonfirmasi Alex Marquez sebagai pembalap baru Repsol Honda di MotoGP 2020 melalui situs web resmi mereka pada Senin (18/11/2019). Alex Marquez bakal berpartner dengan sang kakak, Marc Marquez, Jorge Lorenzo memutuskan pensiun usai Grand Prix Valencia, seri terakhir MotoGP 2019.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan perekrutan juara dunia dua kali, Alex Marquez. Pembalap muda Spanyol itu akan bergabung dengan Tim Repsol Honda dengan kontrak satu tahun. Dia akan pindah dari kelas menengah [Moto2] menjadi mitra juara dunia 8 kali, Marc Marquez pada [MotoGP] 2020 untuk musim debutnya di kelas utama di atas Honda RC213V," keterangan resmi HRC.

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyebut proses perekrutan Alex Marquez sudah berlangsung sejak Jorge Lorenzo mengumumkan pensiun pada Kamis (16/11/2019). Dengan demikian Repsol Honda akan mengandalkan Marquez bersaudara untuk mengarungi MotoGP 2020.

"Prosesnya telah berlangsung sejak kami mendengar semua berita dan gagasan Jorge Lorenzo [untuk pensiun]. Kami berpikir [mengenai pembalap yang cocok] dan akhirnya pada jam-jam terakhir [sebelum sesi tes motor 2020] kami memutuskan [merekrut Alex Marquez],” tutur Alberto Puig, dikutip dari crash.

Puig mengungkapkan alasan utama timnya memilih Alex Marquez, adalah fakta bahwa pembalap berkebangsaan Spanyol itu juara dunia Moto2. Hampir setiap pembalap yang menjadi juara Moto2, akan naik ke kelas utama di musim berikutnya, seperti Francesco Bagnaia di musim 2018 (naik ke MotoGP 2019), dan Alex Marquez, musim ini.

"Pada dasarnya, kami harus memahami bahwa keputusan yang diambil tidak terlepas dari hasil Alex Marquez [di kelas Moto2]. Dia adalah juara dunia Moto2 dan ini adalah sesuatu yang merupakan titik awal pertimbangan untuk merekrutnya,” tambah manajer tim Repsol Honda tersebut.



Alberto Puig juga mengungkapkan, Repsol Honda tak akan memberi tawaran kepada Alex Marquez, andai sang pembalap bukan juara dunia Moto2. Ia mengaku senang karena musim depan Marc Marquez dan Alex Marquez, tak hanya menjadi saudara, tetapi juga rekan satu tim sekaligus rival di MotoGP 2020.

"Tapi, jelas bahwa jika Alex tidak meraih gelar dunia Moto2, kami [Repsol Honda] tidak akan pernah menawarkan dia kesempatan ini. Tetapi dia melakukannya. Jadi, tahun depan Marc Marc Marquez akan menjadi saudara, rekan dan sekaligus saingan [di MotoGP],” kata Puig dikutip Motorsport.

Setelah bergabung dengan Repsol Honda, Alex Marquez akan langsung menggeber motor Honda di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia dalam sesi tes yang berlangsung pada Rabu (20/11/2019). Itu akan menjadi kesempatan pertama adik Marc Marquez tersebut untuk mencoba mesin MotoGP 2020 yang akan ia tunggangi musim depan.

Alberto Puig, berharap sang rookie MotoGP 2020 bakal mampu tampil maksimal dan segera memahami karakteristik mesin di kelas MotoGP. Ia menyebut tak akan memberi target yang terlalu muluk, karena yang paling penting adalah Alex Marquez segera meningkatkan levelnya untuk bersaing di kelas utama.

"Pada tahap ini, untuk Alex Marquez, bukan tentang target yang diberikan, tetapi tentang mempelajari kelas, memahami ban, dan meningkatkan levelnya untuk jenis motor [yang lebih sulit]. Tekanan yang akan saya berikan kepadanya hanyalah sebagai dorongan [supaya dia mampu tampil maksimal]," pungkasnya.

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight