Momen Iduladha 2022, Jokowi Doakan Keselamatan Para Jemaah Haji

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 10 Jul 2022 11:22 WIB
Di momen perayaan Iduladha, Presiden Jokowi mendoakan semoga para jemaah haji Indonesia bisa menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.
tirto.id - Di momen perayaan Iduladha 2022, Presiden Jokowi mendoakan semoga para jemaah haji Indonesia bisa menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Ia pun mendoakan umat yang menjalankan ibadah di Tanah Suci sehat dan mabrur.

"Tadi kita berdoa bersama agar saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji supaya diberikan keselamatan, supaya diberikan kesehatan, kesabaran dan nanti sampai ke Tanah Air semuanya dalam keadaan selamat dan membawa haji yang mabrur," kata Jokowi usai salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Sekitar 92.668 jemaah asal Indonesia terdiri atas 114 kloter yang berangkat menjalankan ibadah haji tahun 2022. Apabila dirinci, sekitar 45.096 orang berangkat dari Madinah (gelombang I) dan 126 kloter dengan 47.572 jamaah yang berangkat dari Jeddah (gelombang II).

Kabar terakhir, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, fase haji sudah memasuki tahap menginap di Mina.Para jemaah melaksanakan lontar jumrah, ula, wustha, dan aqabah.

Pihak kementerian agama pun mulai bersiaga karena momen tersebut merupakan momen berat dalam penyelenggaraan ibadah haji.

"Mina termasuk fase padat dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Saya minta seluruh petugas untuk siaga di pos masing-masing demi melayani jemaah," tegas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, di Mina, Sabtu (9/7/2022).



Baca juga artikel terkait IDULADHA 2022 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri

DarkLight