Liga Jerman

Miroslav Klose Dampingi Hansi Flick Sebagai Asisten Pelatih Munchen

Oleh: Wan Faizal - 8 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Miroslav Klose meneken kontrak berdurasi satu tahun.
tirto.id - Bayern Munchen mengumumkan Miroslav Klose masuk ke dalam staf kepelatihan tim utama. Eks penyerang Die Roten itu telah meneken kontrak berdurasi satu tahun untuk menjadi asisten pelatih Hansi Flick.

"Miroslav Klose akan menjadi asisten pelatih kepala Hansi Flick mulai 1 Juli 2020. Mantan striker Jerman itu telah menandatangani kontrak yang akan berakhir pada 30 Juni 2021," kata Bayern Munchen dalam sebuah pernyataan dikutip Jumat (8/5/2020).

Klose yang kini berusia 41 tahun nantinya akan berada satu tempat dengan Hermann Gerland, asisten Flick saat ini. Selain itu ada juga Danny Rohl yang saat ini membantu Flick dalam hal analisis pertandingan.

Bergabungnya Klose diharapkan memberikan perubahan yang lebih baik kepada tim terutama di sektor depan karena ia punya segudang pengalaman yang bisa dibagi dengan anak asuhnya nanti.

Total sepanjang kariernya di level klub, Klose sudah bermain di 599 pertandingan dan mencetak 231 gol. Khusus bersama Bayern pada tahun 2007-2011, Klose memainkan 149 pertandingan dengan catatan 53 gol.

Tak hanya itu, Klose juga mendapatkan satu predikat mentereng saat ini yakni menjadi top skor sepanjang masa Piala Dunia dengan 16 gol melewati koleksi gol Ronaldo Nazario de Lima. Klose mendapatkan raihan tersebut saat mencetak satu gol kala Jerman menghabisi Brazil 7-1 di semifinal Piala Dunia 2014.

"Kami sangat senang karena Miro memutuskan untuk meninggalkan posnya di FC Bayern Campus ke tim utama. Ia adalah striker Jerman tersukses dalam 15-20 tahun terakhir. Saya yakin striker kami akan mendapatkan banyak keuntungan dari hadirnya Miro," kata CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge.

Kehadiran Klose ke staf kepelatihan tim utama Bayern tak lepas dari campur tangan Flick. Menurut penuturan sang CEO, Flick merupakan sosok yang merekomendasikan agar Klose mendapatkan promosi jabatan di tim utama.

Antara Flick dan Klose memang sudah terjalin hubungan yang bagus. Flick masuk ke jajaran staf pelatih Timnas Jerman era Agustus 2006 sampai selesainya Piala Dunia 2014 ketika Klose menjadi andalan di sana.

"Miro menjadi tambahan yang sempurna bagi kami. Ia punya banyak pengalaman ketika masih bermain. Kami sudah saling kenal sejak lama dan berharap bisa meraih kesuksesan lebih banyak lagi ke depannya," ucap Flick.

Klose kini punya kesempatan lebih banyak untuk menimba ilmu sedari dini sebelum resmi bergabung pada awal Juli nanti. Itu setelah ada kepastian bahwa Liga Jerman akan dilanjutkan pada 16 Mei mendatang.

Bayern sendiri mendapatkan jadwal tanding pada 17 Juni yakni saat mereka bertandang ke tim promosi, Union Berlin.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight