Militer India 2019: Terkuat Kedua di Asia, Keempat di Dunia

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 13 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
India menempati posisi kedua sebagai negara dengan militer terkuat di Asia dan keempat di dunia pada 2019.
tirto.id - India menempati rangking keempat sebagai negara dengan militer terkuat di dunia dari 137 negara menurut Global Fire Power (GFP) dan terkuat kedua di Asia usai Cina pada 2019.

Powerindex yang dimiliki India adalah 0,1065 (0,0000 adalah indeks sempurna). Rangking ini diakumulasikan melalui penilaian baik individual maupun kolektif dan dirumuskan sehingga menghasilkan Powerindex dan perangkingan dari 137 negara yang dinilai.

Personel militer di India mencapai 3.462.500 orang yang terdiri dari personel aktif sebanyak 1,36 juta dan 2,1 juta personel cadangan. Kemiliteran India dibagi menjadi tiga, angkatan udara (AU), angkatan darat(AD), dan angkatan laut (AL).

Angkatan udara (AU) India menempati rangking 4 dari 137 negara dengan jumlah penyerang 520 dan 694 serangan. Angkatan udara India memiliki 248 transportasi militer udara, dengan 364 personel yang ada dalam pelatihan.

AU India memiliki 692 helikopter, dan 17 diantaranya adalah helikopter serang. Transportasi militer AU India beberapa diproduksi dalam negeri, sebagian lainnya diperoleh dari Israel, Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara lainnya, terangkum dalam Military Factory.

Angkatan darat memiliki tangker perang sebanyak 4,1 ribu dan kendaraan militer 2,8 ribu. Selain itu, AD memiliki 200 ribu artileri otomatis (yang hitungannya terlalu kecil untuk India) dan artileri manual 4 ribu. India memiliki 266 proyektor roket.

Angkatan laut memiliki total aset sebanyak 295, dengan 1 kendaraan perang, 13 frigate, 22 corvete, 11 penghancur, dan 16 kapal selam. Selain itu, ada 139 kapal patroli dan 1 pangkalan perang.

Sumber daya penunjang kemiliteran, seperti minyak untuk bahan bakar dikonsumsi untuk kemiliteran India sebesar 3,5 juta barel per hari, dnegan produksi dalam negeri 733,9 ribu barel per hari. Diperkirakan kemiliteran India memiliki cadangan minyak sebesar 4,621 miliar barel.


Penunjang kemiliteran lainnya, seperti pekerja di bidang militer sebanyak 521, 9 juta personel dan perdagangan yang berkaitan dengan kekuatan kelautan sebanyak 1,6 ribu.

India memiliki ruas jalan sepanjang 3,320,410 juta km, jalur kereta 63,9 ribu km, 346 bandara, dan 12 pelabuhan utama. Pemerintah India menghabiskan dana sebesar 55,2 miliar dolar AS untuk militer setiap tahunnya.

Dalam bidang kemiliteran, India bekerja sama dengan AS dalam hal latihan militer hingga strategi militer. Namun, baru-baru ini, Economic Times melansir, India melakukan kesalahan karena dianggap tidak memenuhi ekspektasi strategi militer AS.

Pemerintah India juga berencana memangkas 27 ribu personel di kemiliteran untuk mengurangi anggaran gaji dan operasional. Bidang-bidang militer yang akan dipangkas antara lain teknisi militer, National Cadet Corps, Pekerja di wilayah perbatasan, Tentara teritorial, dan bidang-bidang lainnya yang tidak memiliki tugas tetap, Times of India melaporkan.

Baca juga artikel terkait MILITER atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora
DarkLight