Miliki Omzet Rp600 M/Bulan, Pemerintah Bakal Kejar Pajak Juragan99

Reporter: Dwi Aditya Putra - 25 Mar 2022 12:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tindak lanjut yang dilakukan pemerintah berupa himbauan memilki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), membayar pajak, hingga melaporkan SPT.
tirto.id - Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo memastikan, pemerintah bakal mengejar pajak Gilang Widya Pramana atau dikenal dengan Juragan99. Lewat bisnis Ms Glow, Juragan99 mengklaim memiliki omzet Rp600 miliar per bulan.

"Kalau strategi ya sesuai aturan dan praktik saat ini. [Kita] melakukan pengumpulan informasi/data, lalu profiling dan tindak lanjut," kata Yustinus kepada reporter Tirto, Jumat (25/3/2022).

Yustinus mengatakan, tindak lanjut dilakukan pemerintah bisa dalam bentuk himbauan memilki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), membayar pajak, hingga melaporkan SPT-nya.

"Jika tidak diindahkan, DJP punya kewenangan melakukan pemeriksaan atau penyidikan," jelas dia

Di sisi lain, Juragan99 juga berhak mengikuti Program Pengungkapan Sukarela (PPS). Di mana program ini berlaku sejak 1 Januari 2022 sampai dengan 30 Juni 2022.

"Mereka [Juragan99] pun berhak ikut PPS dan diharapkan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat wajib pajak," jelas dia.

Gilang Widya Pramana bersama istrinya, Shandy Purnamasari diketahui memiliki sejumlah usaha. Berikut beberapa usaha yang dikelola dan dimiliki oleh keduanya:

1. MS Glow

MS Glow berdiri pada 2013 yang merupakan singkatan dari Magic For Skin. MS GLOW merupakan bagian dari PT. Kosmetika Cantik Indonesia yang berlokasi di Malang Jawa Timur.

MS Glow menyediakan beragam produk kecantikan dan perawatan untuk perempuan maupun laki-laki, baik anak-anak atau dewasa. MS Glow juga memiliki beberapa klinik kecantikan yang menyediakan perawatan kulit. Selain memiliki merek skincare, Juragan 99 juga memiliki pabrik kosmetik dengan nama Kosme Manufacture.

2. PO Juragan 99 Trans

Juragan99 Trans adalah perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi darat. Juragan 99 Trans memiliki setidaknya 9 armada yang terbagi menjadi 8 Big Bus dan 1 Medium Bus Juragan99.

3. Layanan kursus mengemudi J99 XAR

Gilang yang dikenal sebagai salah satu pecinta otomotif juga memiliki sekolah mengemudi di bawah naungan J99 Corp.

Sekolah mengemudi yang bernama J99 XAR menyediakan beradam kelas, seperti drift school private class, paket belajar drifting (non privat), simulator racing, hingga menyewakan sirkuit J99Maxx Drift Circuit di Tangerang, Banten.

4. Usaha air minum Juragan 99 Water

Gilang juga memiliki usaha lain, yaitu air mineral yang bernama Juragan 99 Water.

5. J99 Vape

Juragan 99 juga memiliki bisnis vape yang bernama J99 Vape. J99 Vape menyediakan beragam varian liquid yang tak hanya dijual secara offline tetapi juga online.

Selain memiliki beragam bisnis, Gilang juga terkenal mimiliki relasi bisnis yang cukup banyak, mulai dari kalangan sesama pengusaha hingga kalangan artis.












Baca juga artikel terkait PAJAK atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight