Microsoft Perkenalkan Smartphone Lipat Surface Duo

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 3 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Smartphone ini disebut Surface Duo, sebagai bagian dari lini produk komputer Microsoft.
tirto.id - Microsoft meluncurkan produk smartphone dengan layar ganda. Perusahaan teknologi tersebut merasa gagal karena tidak bisa menciptakan sistem operasi untuk smartphone dan menjadi pesaing Apple. Produk ini disebut Surface Duo, sebagai bagian dari lini produk komputer Microsoft, Associated Press (AP News) melaporkan.

"Saya percaya ada kesempatan ketiga kalinya untuk daya tarik Microsoft dan smartphone," kata Patrick Moorhead, analis di moor Insight&amp. Strategy.

Moorhead mengatakan Microsoft memiliki rekam jejak yang baik terhadap produk Surface, dan desain ponsel Duo menawarkan sesuatu yang baru di tengah melambatnya inovasi smartphone.

Ponsel pintar ini akan dibekali dengan sistem operasi Android. Selain smartphone, mereka juga meluncurkan tablet Surface Neo dengan layar ganda yang diperkirakan akan rilis tahun depan.

Smartphone Duo ini akan rilis pada akhir tahun 2020 saat musim liburan. Ponsel ini memiliki ukuran lebar 5,6 inci dari samping ke samping, dengan dihubungkan oleh engsel 360 derajat. Jika dilipat, ponsel ini akan muat untuk ditaruh di kantong.

Dalam sebuah unggahan di blog resminya, Microsoft akan bersaing dengan beberapa produsen ponsel seperti Asus, Dell, HP, dan Lenovo dalam mengembangkan ponsel layar ganda dan dapat dilipat menggunakan variasi yang dikeluarkan Windows, yang disebut 10X.

Dilansir CNBC, Microsoft bekerja sama dengan Google untuk membuat sistem Android terbaik, memadukan sisAem operasi android dengan teknologi Windows 10X, yang secara khusus dikembangkan untuk ponsel hybrid. Ponsel ini akan bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus atau dua fungsi sekaligus.

Sebagai contoh, saat bermain game, layar dapat terbagi menjadi layar display dan layar lainnya berperan sebagai control keyboard. Saat menonton film atau melakukan aktivitas layar lanskap, salah satu layar dapat berguna sebagai stand.

"Anda bisa bertukar pesan, menulis, melakukan apa saja yang Anda mau," kata Panos Panay, kepala produksi Microsoft. "Dengan produk Surface ini, kesalahan diminimalisir."

Ponsel ini disebut akan menjadi pelipur dari luka Microsoft yang sempat menciptakan sistem operasi di dalam ponsel buatan mereka, tetapi ternyata tidak mendapatkan respons baik di pasaran sebagaimana diharapkan.

Pada kesempatan ini, Microsoft memilih untuk menggandeng sistem operasi milik Google, Android untuk memperlengkapi perangkatnya.

Lebih dari itu, Surface Duo akan terasa seperti Apple MacBook Pro Touch Bar, yang dapat dibagi menjadi layar dan papan tombol yang disebut "Wunderbar", Wired mewartakan.

Dengan teknologi chip setangguh PC dan sistem operasi termutakhir, Surface bisa jadi idola baru di kalangan pencinta smartphone.

Selain ponsel pintar Surface Duo dan tablet Surface Neo, Microsoft akan meluncurkan Surface Pro 7, Surface Laptop 3, dan Surface Pro X, serta Surface Earbuds.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight