Microsoft Hentikan Dukungan Windows 10 Mobile pada Akhir 2019

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 21 Januari 2019
Bisa dikatakan, berakhirnya dukungan Windows 10 Mobile menjadi tanda mundurnya Microsoft dari arena persaingan smartphone.
tirto.id - Windows 10 Mobile sebentar lagi tamat. Microsoft akan menghentikan dukungan sistem operasi (OS) di perangkat bergeraknya itu pada penghujung tahun ini.

"Pada 10 Desember 2019, pengguna Windows 10 Mobile tak akan menerima pembaruan keamanan, dukungan bantuan gratis, atau pembaruan konten teknis daring," tulis Microsoft di laman Support dikutip Senin (21/1/2019).

Microsoft tak menjelaskan detail mengapa mereka melakukan itu. Namun, berakhirnya dukungan Windows 10 Mobile bisa dikatakan menjadi tanda mundurnya Microsoft dari arena persaingan smartphone.

Selama ini, OS Windows 10 Mobile memang sulit berkompetisi dengan Android dan iOS, lantaran minimnya dukungan dari pengembang perangkat lunak atau aplikasi.

Bagaimana nasib pengguna yang masih memakai smartphone dengan OS Windows 10 Mobile?

Microsoft mengimbau mereka migrasi ke ponsel pintar berbasis Android atau iOS, yang saat ini masih menerima update reguler sekaligus banyak digunakan.

Kendati bakal tak lagi memberikan dukungan pada tanggal yang telah ditentukan, perangkat Windows 10 Mobile masih bisa digunakan. Namun, ada risikonya.

"Perangkat Windows 10 Mobile setelah 10 Desember 2019 masih terus berfungsi tapi tak ada pembaruan, termasuk keamanan, usai tanggal tersebut," tulis Microsoft.

Untuk mengetahui apakah perangkat yang digunakan menggunakan OS Windows Mobile 10, pengguna bisa mengeceknya di menu Settings > System > About > More Info. Nantinya akan ditampilkan nomor bulid OS, yakni 10.0.15254.XXXX.

Adapun Windows 10 Mobile merupakan evolusi OS Windows Phone, yang terkenal dengan antarmuka bergaya Metro atau ubin. OS ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2010, yang saat itu diadopsi oleh lini smartphone Nokia Lumia serta beberapa brand lain seperti Acer dan Samsung.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi