Microsoft akan Hentikan Dukungan Terhadap Windows 10

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 2 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Microsoft memang telah banyak memberikan tanda untuk merilis Windows 11.
tirto.id - Microsoft sudah menentukan jadwal dukungan terakhir mereka terhadap Windows 10. Keputusan itu menyiratkan bahwa perusahaan teknologi tersebut siap merilis Windows 11.

Melansir The Verge, menurut laporan Thurrott, dukungan yang dimaksud akan berakhir pada 14 Oktober 2025. Ini menandai lebih dari 10 tahun sejak sistem operasi ini pertama dikenalkan.

Windows 10 sendiri pertama dirilis pada 2015 dan sempat diumumkan bahwa OS ini akan gratis selama setahun. Sejak lahir di dunia, Windows pada dasarnya berbayar.

Sistem operasi yang disebut Bill Gates sebagai “perangkat lunak unik yang dirancang bagi kalangan pengguna komputer serius” itu diperkenalkan ke publik pada 10 November 1983. Dua tahun berselang, tepat pada 20 November 1985, versi awal Microsoft Windows 1.0 dijual seharga 99 dolar AS.

Sebelumnya, Microsoft memang telah banyak memberikan tanda untuk merilis Windows 11. Versi terbaru dari Windows akan segera diumumkan Microsoft.

Rencananya, Microsoft menguak generasi terbaru sistem operasinya pada 24 Juni 2021. CEO Microsoft, Satya Nadella, pekan lalu mengatakan bahwa generasi selanjutnya dari Windows sedang dalam pengerjaan dan akan dikuak secepatnya.

Microsoft sendiri telah mengirimkan undangan pada media. Selain Satya Nadella, Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay, akan mengisi acara tersebut. Nadella juga sempat menyampaikan bahwa OS baru ini nantinya akan menciptakan kesempatan yang lebih banyak bagi pengembang Windows.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa mereka menyambut setiap kreator yang mencari platform inovatif baru dan terbuka. Tujuannya, untuk membangun dan mendistribusikan serta memonetisasi aplikasi.

Gizmodo melaporkan, Nvidia telah mengumumkan penghentian dukungan pada Game Ready Driver di Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 mulai Oktober 2021. Sebagai hasilnya, update resmi untuk sistem operasi tersebut akan datang pada 31 Agustus 2021.

Nvidia mengatakan akan mengalihkan fokus pada Windows 10 dan versi baru Windows. Diperkirakan, ada sebanyak 15 persen pengguna Windows yang memakai Windows 7 dan sekitar 5 persen pengguna Windows 8 dan 8,1.


Baca juga artikel terkait WINDOWS 10 atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight