Meta, Nama Baru Facebook Diklaim Telah Dipakai Perusahaan Lain

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 7 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Usai Mark Zuckerberg umumkan perubahan nama Facebook menjadi Meta, muncul perusahaan lain yang mengaku sudah pakai merek dagang "Meta."
tirto.id - Facebook sebagai perusahaan kini berubah nama menjadi Meta. Perubahan nama ini diumumkan sang CEO, Mark Zuckerberg pada 28 Oktober 2021. Perubahan nama perusahaan induk FB, WhatsApp, dan Instagram ini adalah bagian dari rebranding perusahaan.

Namun, rebranding tersebut tampaknya tidak akan berjalan mulus. Sebab, seperti dikutip Forbes, sebuah perusahaan yang berbasis di Arizona, bernama Meta PC mengajukan merek dagang dengan nama “Meta” untuk komputer, laptop, tablet, perangkat lunak, dan hal-hal teknis lainnya, demikian dilaporkan TMZ. Pengajuannya telah disampaikan pada Agustus lalu.

Pendiri perusahaan, Joe Darger dan Zack Shutt, mengatakan kepada TMZ bahwa mereka telah mengoperasikan Meta PC selama lebih dari setahun, tetapi baru mengajukan dokumen untuk merek dagang secara resmi. Saat ini merek dagang itu memang belum diberikan, tapi Shutt dan Darger tampaknya lebih dulu pengajuan dokumen pendaftaran merek “Meta” tersebut.

“Meta PC mengajukan aplikasi merek dagang mereka beberapa bulan yang lalu di Kelas 9,” kata Clarissa Harvey, Esq pengacara merek dagang dan ahli hukum di Digital.com.

Tampaknya Joe Darger dan Zack Shutt melakukan pekerjaan yang baik untuk menutup semua celah aplikasi merek dagang mereka direbut. Namun, keduanya mengatakan akan sangat puas untuk melepaskan merek tersebut jika Mark Zuckerberg dan perusahaan membayar mereka $20 juta. Mereka berpendapat bahwa melepaskan merek dagang akan mengharuskan mereka untuk mengubah citra perusahaan.

Meta PC bukan satu-satunya perusahaan pesaing Zuckerberg untuk menggunakan merek dagang “Meta” sebagai nama perusahaan mereka. Ada perusahaan lain yang berbasis di Chicago bernama Meta Company.

Dalam sebuah surat panjang yang diterbitkan di situs web perusahaan yang dikutip dari slashgear.com, Pendiri Perusahaan Meta Nate Skulic menuduh pengacara Facebook telah menghubungi perusahaannya atas keinginan untuk membeli namanya.

“Kami menolak tawaran mereka dengan berbagai alasan,” kata Skulic.

Ia menyebut Facebook membuat penawaran rendah yang tidak akan menutupi biaya perubahan nama. Di luar itu, Skulic mengatakan perusahaan ingin tahu siapa yang berada di balik proposal tersebut dan apa niat mereka.


Baca juga artikel terkait META atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Teknologi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight