Advertorial

Merayakan Imlek Harus dengan Makan-makan dan Kumpul-kumpul

Ilustrasi makan bersama keluarga. FOTO/iStockphoto
Oleh: Advertorial - 23 Januari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Di Indonesia, tradisi Imlek juga penuh keriangan.
Teman-temanmu bersiap merayakan Imlek dan kamu bingung harus apa untuk ikut merayakannya? Mikey Chen, salah satu YouTuber kondang, pernah memberi tips.

“Kalau kamu ikut merayakan tahun baru Cina, ada banyak hal yang harus kamu lakukan: kamu harus menyantap banyak makanan dengan keluargamu, atau teman-temanmu. Kamu harus kumpul dengan keluarga atau teman, makan banyak, dan bersuka ria.”

Chen yang lahir di Xi’an dan tumbuh besar di Amerika Serikat itu selalu rutin merayakan tahun baru Cina bersama keluarga dan kawan-kawannya. Pemilik akun YouTube Strictly Dumpling yang kini punya 2,9 juta pengikut itu biasanya mengajak keluarga dan kawan-kawan untuk makan di restoran Cina.

Malam itu, 27 Februari 2018, Chen dan rombongannya pergi ke sebuah restoran Sichuan. Di meja bundar berwarna cokelat itu, mereka memesan banyak hidangan. Mulai pancake bawang, mie dingin dengan perut babi berlumur saus bawang putih, perut babi saus pedas, bebek panggang, sapi saus Sichuan, mapo tofu, hingga tumis ikan dengan saus miso pedas.

“Tipikal makanan tahun baru Cina,” ujar Chen, “adalah menyajikan makanan dari semua jenis binatang. Dari sapi, babi, bebek, juga ayam, bahkan ikan. Dan kami melakukannya.”

Tidak hanya seperti yang dibilang Chen, makanan yang kerap dihidangkan ketika Tahun Baru Cina atau Imlek, adalah yang sering dianggap membawa keberuntungan dan kebahagiaan. Hidangan tangyuan, misalkan. Bola-bola dari tepung beras bercita rasa manis ini dianggap melambangkan kedekatan keluarga. Sedangkan berbagai hidangan pangsit dianggap bisa membawa kekayaan. Ada pula niangao, alias kue ketan, yang dipercaya bisa membawa keberuntungan perkara jabatan atau pendapatan. Dan jangan lupa mie panjang umur yang tentu saja diharapkan membawa kebahagiaan dan umur panjang.

Pada 2019, tahun baru Cina jatuh pada 5 Februari. Sedangkan tahun ini, Imlek akan jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari.

Merayakan Imlek di Indonesia

Di Indonesia, tradisi Imlek juga penuh keriangan. Jelang Imlek, banyak sudut kota bersolek. Menggantungkan lampion, menjual amplop merah untuk angpau, hingga banyak restoran yang menerapkan diskon Imlek. Ini juga dilakukan oleh Traveloka Eats yang punya program Special Offers dan promo Treats untuk menyambut Imlek. Promo Treats ini memberikan diskon hingga Rp200 ribu.

Restoran-restoran yang bekerja sama dengan Traveloka Eats dalam program ini adalah mereka yang dikenal punya hidangan khas Cina tanpa tanding. Ada Imperial Steam Pot di Senayan City yang menyajikan hot pot dan aneka jenis dim sum. Di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, ada Yuan Village yang layak disambangi. Mereka menawarkan berbagai jenis makanan Cina klasik, seperti mun tahu ala Hakka, sup hisit, bakut, cukiok, babi hong, juga burung dara goreng yuan.

Ingin hidangan laut dengan cita rasa unggul? Jun Njan di Mall of Indonesia dan Putien di Grand Indonesia adalah jawabannya. Jun Njan yang sudah berdiri sejak 1956 ini punya berbagai hidangan jagoan, seperti kepiting saus Padang yang sedap disantap dengan mantau goreng, ikan kerapu tim, dan tentu saja mie goreng panjang umur yang cocok dimakan di hari Imlek. Sedangkan Putien menyajikan kuliner berakar dari kawasan Fujian yang merupakan kota pesisir. Mereka menawarkan hidangan khas seperti ikan sea bass goreng, heng hwa bee hoon, juga mee sua yang turut melambangkan umur panjang. Yang menarik, Putien juga menyiapkan Yee Sang, salad ikan yang selalu muncul kala Imlek, sebuah makanan pembuka warna-warni yang dianggap bisa membawa keberkahan.

Traveloka Eats menawarkan banyak promo dengan aneka macam potongan diskon di berbagai restoran, termasuk potongan hingga 30 persen di berbagai restoran pilihan. Sedangkan Treats, fitur baru Traveloka Eats juga menyodorkan berbagai tawaran menarik di sejumlah restoran. Promo-promo ini bisa di cek di fitur Traveloka Eats yang ada di aplikasi Traveloka.

Berikut 8 rekomendasi restoran dengan promo menarik dari Traveloka Eats:
Imperial Steam Pot – Senayan City
Jun Njan – Mall of Indonesia
Chongqing Liuyishou Hotpot – Neo Soho
Soup Restaurant – Plaza Indonesia
Yuan Village – Kedoya
High Style Hotpot – Pantai Indah Kapuk
Putien – Grand Indonesia
Paradise Dynasty – Central Park

Masih bingung mau makan ramai-ramai bareng keluarga di hari Imlek? Tak perlu, kamu cukup cek Traveloka Eats untuk mencari inspirasi tempat makan asyik dengan promo yang menarik.
DarkLight