Menyapih Anak Tanpa Drama: Beri Cemilan Sehat & Libatkan Pasangan

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 12 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Salah satu cara menyapih anak tanpa drama adalah beri ia pengertian bahwa sudah saatnya untuk berhenti menyusu dan ia bisa mendapat gantinya dengan minum susu formula, susu UHT, susu pasteurisasi atau air putih dari gelas.
tirto.id - Melalui akun sosial media Instagramnya, aktris Zaskia Adya Mecca, berbagi cerita tentang anak keempatnya yang harus sudah mulai disapih. Namun, ia sangat bersyukur karena anaknya, Bhre Kata tidak protes maupun rewel ketika diminta untuk berhenti minum ASI.

Menyapih anak memang menjadi pilihan masing-masing ibu dan anak kapan akan mulai melakukannya.

Namun, dilansir dari Mayo Clinic, American Academy of Pediatric merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama setelah kelahiran.

Untuk waktu-waktu selanjutnya, pemberian ASI disarankan tetap diberikan sampai usia satu tahun dengan kombinasi pemberian makanan padat atau MPASI. Lalu pemberian ASI disarankan tetap berlanjut setidaknya hingga usia 2 tahun.

Menyusui dianjurkan selama Anda dan bayi Anda ingin melanjutkan. Akan tetapi, perubahan pola menyusui yang mengarah ke penyapihan sering kali dimulai secara alami pada usia 6 bulan, ketika makanan padat biasanya diperkenalkan.

Tidak sedikit anak yang rewel dan mengajukan protes ketika ibu memutuskan untuk menyapihnya. Hal ini dikarenakan anak pada kenyataannya membutuhkan kenyamanan dan kasih sayang, yang terlihat ketika ibu sedang menyusuinya seperti ditulis dalam Aha Parenting.

Saat menyusu, anak tidak hanya mendapatkan makanan penuh nutrisi melainkan kepastian, keamanan, dan cinta dari ibu. Sehingga, ketika Anda memutuskan untuk menyapihnya, pastikan Anda menawarkan banyak bentuk koneksi fisik lainnya.

Selain itu, ada beberapa tips atau cara menyapih yang bisa Anda lakukan seperti ditulis Kids Health dan Aha Parenting untuk menghindari adanya drama dan rewel pada anak, di antaranya:

1. Libatkan anak Anda dalam kegiatan bermain yang menyenangkan atau jalan-jalan di saat ia biasanya akan menyusu.

2. Hindari duduk di tempat anak biasa menyusu dan hindari mengenakan pakaian menyusui yang biasa Anda kenakan.

3. Jika anak Anda lebih muda dari 1 tahun, cobalah memperkenalkan botol atau cangkir saat Anda biasanya akan menyusui. Untuk anak yang lebih besar, cobalah camilan sehat, minum melalui cangkir, atau mungkin pelukan.

4. Mintalah bantuan pasangan untuk memberikan pengalih perhatian anak pada waktu Anda biasa menyusui.

5. Pastikan dia mendapatkan nutrisi yang cukup dari sumber lain. Fokus lah untuk membantunya mendapatkan makanan padat sehingga dia belajar menikmatinya.

6. Mulailah dengan tidak pernah menawarkan ASI tapi juga usahakan tidak menolak permintaannya.

7. Beri pengertian pada anak Anda bahwa sudah saatnya untuk berhenti menyusu dan ia bisa mendapat gantinya dengan minum susu formula, susu UHT, susu pasteurisasi atau air putih dari gelas.


Baca juga artikel terkait CARA MENYAPIH ANAK atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight