Menteri PUPR dan Panglima TNI akan Bertolak ke Wamena Malam Ini

Oleh: Haris Prabowo - 4 Desember 2018
Mentereri PUPR bersama Panglima TNI Bertolak ke Wamena ikut evakuasi korban penembakan.
tirto.id - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dirinya bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan bertolak ke Wamena, Papua, malam ini (4/12/2108), untuk melihat kondisi terkini pasca penembakan puluhan karyawan BUMN PT. Istaka Karya oleh Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB).

"Nanti malam Panglima TNI ke Wamena. Saya juga ikut. Korban evakuasi kalau bisa dibawa ke Wamena," kata Basuki saat konferensi pers, Selasa (4/12/2018) pagi.

Ia mengatakan pihaknya juga masih menunggu kabar terkini dari lokasi kejadian mengingat Panglima TNI Hadi, kata Basuki, telah mengirimkan pasukannya ke Wamena sejak Selasa pagi.

"Dua jam lalu, pasukan TNI sudah dikirim untuk mengecek. Panglima TNI sedang kirim pasukan. Menunggu informasi pasti detailnya," kata Basuki

Pada Minggu (2/12/2018), dilaporkan ada pembunuhan puluhan karyawan PT Istaka yang sedang melakukan pengerjaan pembangunan jembatan Distrik Yall. Belum dapat dipastikan berapa orang yang tewas. Namun, laporan awal menyebut 24 pekerja tewas dibunuh dan 10 lainnya berhasil melarikan diri dan diamankan tokoh masyarakat setempat.

Belum dapat dipastikan perkembangan terbaru dari dugaan pembunuhan ini akibat sulitnya komunikasi. Kapolda Papua Irjen Polisi Martuani Sormin di Jayapura mengatakan, pengerahan aparat keamanan untuk menyelidiki dugaan pembunuhan ini sudah dilakukan sejak Senin (3/12/2018).

Namun, menurut Kapolda, jalan menuju lokasi dihalangi dengan dengan dahan-dahan pohon di sepanjang jalan, sehingga anggota kembali ke Wamena. Pada Selasa (4/12/2018) pagi anggota kembali diberangkatkan. Kapolda berharap evakuasi dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti.



Baca juga artikel terkait PEMBUNUHAN DI PAPUA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight