Menteri Jonan Imbau Pemda Beri Subsidi Biaya Sambung Listrik Baru

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 18 Maret 2019
Menteri Ignasius Jonan mengimbau pemda kabupaten dan provinsi ikut memberikan subsidi untuk biaya penyambungan instalasi listrik baru bagi rumah tangga miskin.
tirto.id - Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengimbau pemerintah daerah (pemda) kabupaten dan provinsi mengalokasikan anggaran untuk subsidi biaya penyambungan intalasi listrik baru di rumah-rumah warga miskin.

“Tolong diberitahukan Gubernur, Bupati, Walikota, untuk disisihkan dari APBD untuk biaya sambung,” kata Jonan di Auditorium PLN, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Jonan menjelaskan pemerintah pusat sebenarnya sudah mengalokasikan anggaran untuk bantuan biaya penyambungan instalasi listrik baru di rumah-rumah warga miskin. Demikian pula PT PLN, kata dia, juga menyediakan bantuan.


Namun, Jonan menambahkan, besaran anggaran yang dialokasikan oleh pusat terbatas sehingga perlu dukungan dari pemerintah daerah.

“Kami imbau kepala dinas kalau ada daerah yang tidak mampu PLN menyediakan CSR, untuk biaya sambung cuma kan ada batasnya, APBN juga menyediakan kalau enggak salah Rp6 triliun. Yang enggak mampu itu kira-kira ada 1 juta pelanggan,” kata dia.

Menurut Jonan, rumah tangga miskin yang memerlukan bantuan biaya penyambungan instalasi listrik baru dengan daya 450 va masih mencapai 1 juta lebih.

“Memang tantangannya adalah daya beli masyarakat atau saudara-saudara kita ada sebagian yang belum mampu membayar biaya sambung. Yang 450 VA," kata Jonan.

"Yang tidak mampu itu 1,2 juta rumah tangga [miskin]. Bayar Rp500 ribu saja enggak sanggup,” dia menambahkan.


Baca juga artikel terkait SUBSIDI LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Addi M Idhom