Menteri dari PDIP Harus Lolos Uji Megawati, Baru Jokowi

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 13 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Megawati blak-blakan kepada Joko Widodo agar PDIP mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak di pemerintahan.
tirto.id - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menjelaskan, calon menteri yang diusung partainya harus melalui layak uji dari Ketua Umum (Ketum) Megawati Soekarnoputri, setelah lolos uji baru kemudian direkomendasikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mengenai menteri sekali lagi saya tegaskan sebagai keluarga besar PDIP atau kader PDIP dia punya yang namanya dua instansi prerogatif. Pertama ketika akan diusulkan kepada presiden, dia harus melalui pintu hak prerogatif Ketum PDIP," jelas dia di Gedung Nusantara III, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019).

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan nama kader yang akan masuk dalam jajaran kabinet Jokowi-Maruf tersebut. "Mengenai siapa yang akan diusulkan PDIP jadi calon menteri sepenuhnya wewenang prerogatif Ibu Mega," ungkap dia.

"Jadi kami sebagai DPP hanya bisa memberikan informasi-informasi dan masukan-masukan mengenai perkembangan dan dinamika masyarakat, tapi mengenai siapa yang akan diusiulkan sekali lagi itu wewenang Ibu Mega," jelas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan presiden terpilih Joko Widodo agar partainya mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak di pemerintahan Jokowi periode kedua nanti.

Megawati pun akhirnya secara terbuka mengingatkan Jokowi agar tak melupakan PDIP yang telah memenangkannya hingga dua kali.

"Kalau nanti Pak Jokowi mesti ada menterinya mesti banyak. Orang kita pemenangan dua kali, betul atau tidak? Realisasikan ya. Ya iyalah," ucap Megawati dalam acara Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8/2019).

Presiden Joko Widodo langsung merespons keinginan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar partainya mendapatkan jatah menteri terbanyak di kabinet.

"Mengenai menteri. Tadi, Bu Mega menyampaikan jangan empat dong. Tapi kalau yang lain dua tapi PDI empat, kan udah dua kali [lipat]. Kalau yang lain tiga, pasti PDIP...," kata Jokowi di pembukaan Kongres PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach, Bali pada Kamis (8/8/2019).

"Enam," teriak kader-kader PDIP saat merespons pernyataan Jokowi.

"Belum tentu juga," balas Jokowi.

Jokowi kemudian memastikan PDIP akan mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak dibandingkan partai-partai lainnya. "Yang jelas PDI Perjuangan pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya," tegas Jokowi.


Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight