Menteri BUMN Rombak Direksi PT Pegadaian

Oleh: Addi M Idhom - 30 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Menteri BUMN Rini Soemarno mengangkat satu direktur baru di jajaran direksi Pegadaian dan mengubah nomenklatur 4 jabatan direktur.
tirto.id - Kementerian BUMN mengubah susunan jajaran direksi PT Pegadaian (Persero). Menteri BUMN Rini Soemarno memutuskan mengangkat Ninis Kesuma Adriani sebagai Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Pegadaian.

Sebelum diangkat menjadi Direktur di PT Pegadaian, Ninis Kesuma Adriani menjabat sebagai Head of Investor Relations PT Bank BRI (Persero) Tbk.

Selain mengangkat Ninis, Menteri Rini memberhentikan Ferry Febrianto dari jabatan Direktur Manajemen Aset Pegadaian karena telah habis masa tugasnya. Sedangkan Harianto Widodo diangkat kembali menjadi Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk.

Selain itu, Rini juga mengubah nomenklatur 4 jabatan direktur di jajaran direksi Pegadaian. Empat perubahan nomenklatur tersebut adalah:

1. Direktur Operasi dan Pemasaran menjadi Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan
2. Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi menjadi Direktur Teknologi Informasi dan Digital
3. Direktur Produk menjadi Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk
4. Direktur Manajemen Aset menjadi Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis

Surat Keputusan Menteri BUMN tentang perubahan susunan direksi PT Pegadaian itu diserahkan oleh Asisten Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan II Wien Irwanto, pada Rabu (30/5/2018), demikian siaran pers yang diterima Tirto.

Dengan perubahan susunan direksi tersebut, saat ini Pegadaian memiliki Direktur Perencanaan Strategis yang dirangkap oleh Direktur Keuangan.

Direktur Utama PT Pegadaian Sunarso mengatakan susunan direksi perusahaannnya semakin lengkap dengan adanya Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis

"Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis dapat melakukan perencanaan perusahaan untuk jangka pendek dan menengah berdasarkan visi, misi, dan target dari transformasi yang sedang dilakukan perusahaan saat ini dan rencana untuk melantai di bursa efek,” kata Sunarso.

Dia menjelaskan rencana PT Pegadaian melakukan initial public offeting (IPO) pada 2020 harus dibarengi dengan pembenahan internal untuk mendorong transformasi BUMN tersebut.

"Sebelum sampai ke tahap tersebut, ada sejumlah langkah yang harus disiapkan dan Ninis mempunyai pengalaman di BRI sebagai Investor Relation yang selalu berhubungan dengan bursa efek dan lembaga terkait lainnya," kata Sunarso.

Dia menambahkan, Teguh Wahyono, yang semula Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi dan kini menjabat Direktur Teknologi Informasi dan Digital, dapat lebih berfokus mengembangkan dan menyelesaikan transformasi digital di Pegadaian.

Berikut ini susunan terbaru jajaran direksi PT Pegadaian:

1. Direktur Utama: Sunarso
2. Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan: Damar Latri Setiawan
3. Direktur Teknologi Informasi dan Digital: Teguh Wahyono
4. Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk: Harianto Widodo
5. Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis: Ninis Kesuma Adriani
6. Direktur Sumber Daya Manusia dan Hukum: Moh. Edi Isdwiarto.


Baca juga artikel terkait BUMN atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Ekonomi)


Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom