Menteri Basuki: Tol Japek II Siap Beroperasi Desember untuk Nataru

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 12 November 2019
Tol Japek layang siap beroperasi Desember 2019.
tirto.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II dapat digunakan untuk melayani mudik natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru).

Operasional jalan tol tersebut akan dimulai pada awal Desember mendatang.

"Saya justru inginnya akhir November 2019 selesai. Sudah bisa dimanfaatkan. Kalau untuk Nataru sudah pasti,” ucapnya kepada wartawan saat ditemui di Telkom Landmark Tower Selasa (12/11/2019).

Basuki mengatakan, peresmian tol sebenarnya diharapkan dapat diresmikan bulan November 2019. Namun, keputusan itu akhirnya dikembalikan ke tangan presiden.

Di samping Tol Japek, masih ada beberapa proyek lainnya yang mau diresmikan sampai akhir tahun. Antara lain, tol Lampung-Riau, tol Manado-Bitung, Balikpapan-Samarinda, dan Japek.

“Nanti ada 4 yang mau diresmikan. Jadi tunggu presiden,” ucap Basuki.

Proyek tol Japek II yang dibangun elevated memiliki panjang 36,4 km. Kehadirannya akan membantu memisahkan perjalanan jarak pendek dengan jarak jauh yang menggunakan tol layang ini.

Biaya konstruksinya mencapai Rp 11,69 triliun. Dua perusahaan yang terlibat adalah PT Waskita Karya dan PT Ascet Indonusa.

Per 15 September 2019, tol ini sebenarnya sudah mencapai 96,5 persen dari total pengerjaannya. Namun, hingga awal November 2019, tol ini masih belum akan diresmikan.


Baca juga artikel terkait PROYEK TOL atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Hendra Friana
DarkLight