Menparekraf Gandeng PUBG Mobile Bantu Kenalkan Wisata Indonesia

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 24 Okt 2022 09:28 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kemenparekraf berkolaborasi dengan PUBG Mobile untuk memperkenalkan kearifan budaya Indonesia melalui peta nusantara.
tirto.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan PUBG Mobile untuk memperkenalkan kearifan budaya Indonesia melalui peta nusantara. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno optimistis dengan kerja sama tersebut PUBG bisa mengenalkan wisata, budaya, dan ekonomi kreatif tanah air di kancah global.

"Saya optimis, kolaborasi dengan PUBG MOBILE akan memberikan dampak besar terutama bagi milenial dan gen Z sehingga pariwisata kita bisa naik kelas lalu berkontribusi pada target kita yaitu terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," kata Sandiaga, dalam pernyataannya dikutip Senin (24/10/2022).

Dia menilai perlu cara baru untuk mengenalkan wisata dan ekonomi kreatif Indonesia di dunia, salah satunya melalui gim. Apalagi, sambung Sandiaga, dengan 500 juta kali unduhan di Google Play Store, PUBG MOBILE memiliki potensi yang besar untuk mengenalkan wisata, budaya, dan ekonomi kreatif Indonesia.


Lebih lanjut Sandiaga mengatakan, saat ini, pemerintah sedang fokus melakukan pengembangan dan promosi pariwisata di lima destinasi pariwisata super prioritas (5 DPSP) Indonesia. Lima destinasi wisata super prioritas ini mencakup Borobudur, Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

“Saya harap PUBG MOBILE bisa turut mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya lima Destinasi Super Prioritas, sehingga bisa memenuhi target kita tahun depan yaitu 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara,” tutupnya.

Country Manager PUBG MOBILE Indonesia, Elvarica Noviyanti mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan Kemenparekraf merupakan wujud komitmen dan bentuk dukungan PUBG MOBILE dalam mempromosikan destinasi wisata dan mengangkat ekonomi kreatif Indonesia.

"Sebuah kebanggan bagi kami bisa berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam meluncurkan peta Nusa sebelumnya. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf, atas dukungan dalam peluncuran tersebut,” ungkap Elvarica.

Dengan visi dan misi yang sama, ke depan, pihaknya akan menjajaki kolaborasi lebih lanjut bersama Kemenparekraf untuk mendukung mempromosikan keindahan destinasi pariwisata Indonesia dan budaya Indonesia lewat game PUBG MOBILE. Hingga saat ini, PUBG MOBILE senantiasa berkomitmen untuk memberikan pengalaman bermain baru kepada seluruh pemain dengan terus menginisiasi kerja sama lintas industri, yang pada hal ini adalah industri pariwisata.

PUBG MOBILE memasuki industri musik lewat kolaborasi bersama grup musik lokal, menjalin kerjasama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal yang bergerak di industri kuliner, dan turut memeriahkan HUT Indonesia ke-77 dengan menghadirkan pertunjukkan cahaya di Candi Borobudur bekerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur.




Baca juga artikel terkait GAME PUBG atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight