KTT G20 Jepang

Menlu Arab Saudi Puji Sri Mulyani dan Retno Marsudi di Depan Jokowi

Oleh: Maya Saputri - 29 Juni 2019
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf memuji Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi di depan Presiden Jokowi di sela pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang.
tirto.id - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf memuji Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi di depan Presiden Jokowi di sela pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019).

“Anda memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia, mereka sangat bersemangat,” ujar Menteri Luar Negeri Arab Saudi.

Perbincangan santai antar kepala negara dan menteri kerap terjadi dalam perhelatan sebuah KTT. Hal ini juga terjadi pada gelaran KTT G20 di Osaka, Jepang saat Presiden Jokowi berbincang dengan Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf, Jumat (28/6/2019).

Saat keduanya berbicara dengan Presiden Jokowi mengenai pertemuan KTT G20, Menteri Keuangan Sri Mulyani kemudian mengatakan kepada Presiden Jokowi, bahwa Menteri Energi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi merupakan teman lamanya.

Tak lama kemudian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga terlibat dalam pembicaraan. Sang Menteri Arab Saudi pun langsung menyapa, “Apa kabar saudariku?”

Selain itu, di akhir pertemuan KTT G20 hari pertama, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengatakan bahwa semua pihak sepakat untuk mengakhiri perang dagang, namun belum ada kesepakatan bagaimana cara mewujudkannya hingga saat ini.

"Semua sepakat perlu upaya mengurangi ketegangan perdagangan internasional, namun belum ada kesepakatan bagaimana caranya," kata Sri Mulyani ketika bersama Menlu Retno Marsudi di Osaka, Jepang, Jumat (28/6/2019).


Presiden Jokowi juga mengagendakan pertemuan bilateral dengan beberapa negara di sela agenda KTT G20 ini. Pada Jumat (28/6/2019), Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dan Presiden Cina Xi Jinping.


Baca juga artikel terkait KTT G20 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Politik)

Sumber: Setkab.go.id
Penulis: Maya Saputri
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight