Menko Luhut akan Temui CEO Softbank Bahas Skenario Investasi RI

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 28 Oktober 2019
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertandang ke rumah pribadi CEO Softbank, Masayoshi Son membahas investasi untuk Indonesia.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa ia mendapat kesempatan untuk bertandang ke rumah pribadi CEO Softbank, Masayoshi Son. Luhut bilang dalam pertemuan singkat itu, ia akan membicarakan skenario besar investasi di Indonesia.

“Baru kemarin (25/10/2019) saya berkomunikasi per telepon dengan Masayoshi Son yang mengundang saya makan bersama di rumah pribadinya di Tokyo. Kesempatan seperti ini dapat memberikan 3 atau 4 jam untuk kami membicarakan skenario besar investasi di Indonesia,” ucap Luhut di akun Facebook-nya yang dikutip Senin (28/10/2019).

Luhut tak merinci apa saja investasi yang ingin ia kejar dalam pertemuan Masayoshi. Namun, ketika dilantik menjadi menteri kembali, ia mengatakan ada target untuk memasukkan investasi sebanyak mungkin ke Indonesia.

Ia pun membidik dana dari luar negeri akan masuk ke bidang hilirisasi produk dan komoditas di Indonesia. Misalnya petrokimia, refinery (pengolahan-penyulingan), program biodiesel yang diperkirakan dapat mengurangi impor di sektor energi.

“Target saya sebagai Menko adalah untuk membantu memasukkan investasi sebanyak mungkin ke Indonesia,” ucap Luhut.

Dalam tulisannya, Luhut juga menyinggung alasan mengapa dirinya diberi kepercayaan pada investasi yang sebelumnya menjadi urusan Kemenko Perekonomian. Luhut bilang selama ini ia dipercaya Jokowi karena mampu mengawinkan kemauan investor besar dengan kebutuhan dan potensi Indonesia.

Ia juga membanggakan ketika perekonomian dunia sedang bergejolak, ia masih bisa mengundang investasi bernilai miliaran dan triliunan dolar AS. Para investor itu kata Luhut berasal dari Abu Dhabi, Tiongkok, Amerika, Singapura, dan perorangan seperti Masayoshi Son.

“Mungkin ada yang bertanya kenapa investasi ditambahkan ke dalam salah satu portofolio saya? Saya bisa mengawinkan kemauan beberapa investor besar dunia dengan kebutuhan dan potensi kita,” ucap Luhut.


Baca juga artikel terkait INVESTASI INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri
DarkLight