Menko Darmin Jelaskan Strategi Pembangunan Jokowi-JK

Oleh: Shintaloka Pradita Sicca - 23 Oktober 2018
Darmin mengatakan, pemerintah juga telah mengadakan pendidikan vokasi demi meningkatkan pembangunan ekonomi.
tirto.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Damin Nasution mengklaim bahwa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) sudah melakukan sejumlah hal untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di Indonesia.

Darmin mengatakan, sejumlah hal yang dilakukan pemerintahan Jokowi itu antara lain: di bidang pertanian, pendidikan, peningkatan sumber daya manusia hingga melakukan reformasi agraria.

"Kita sudah bisa mentransformasikan kegiatan pertanian lebih baik dari subsistensi menjadi komersial karena infrastrukturnya ada," ujar Darmin dalam acara FMB Jakarta pada Selasa (23/10/2018).

"Kita siap melakukan transformasi ekonomi tanpa harus memindahkan orang dari pertanian ke industri," lanjut dia.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga telah mengadakan pendidikan vokasi demi meningkatkan pembangunan ekonomi. Menurut dia, pendidikan vokasi sudah dirancang dan dipersiapkan dalam dua tahun ini.

"Mengenai peningkatan kualitas manusia itu selalu yang paling sulit. Tapi, kami siap melakukan itu mulai dari perubahan kurikulum, penyediaan pengajar, sampai metode belajarnya," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah juga melakukan reformasi agraria dengan sertifikasi tanah sehingga petani memiliki akses untuk ke perbankan.

"Sertifikasi tanah menjadi langkah pertama untuk petani memiliki akses ke perbankan, redistribusi aset, perhutanan sosial. Kami belum mencapai kecepatan penuh, tapi kami sudah mulai," ucapnya.

Menurut Darmin, pemerintah juga terus mengembangkan ekonomi kreatif seperti sektor pariwisata dan ekonomi digital. "Ini adalah untuk menghadapi gejolak dan perubahan ke depan," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah turut membangun industri 4.0, seperti membangun infrastruktur industri menjadi kawasan industri, KEK (kawasan ekonomi khusus), serta kawasan strategis pariwisata nasional.

"Ini semua basis untuk mengembangkan industri pariwisata dan lain-lain, sehingga kita makin lengkap," ujarnya.


Baca juga artikel terkait PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Shintaloka Pradita Sicca
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Shintaloka Pradita Sicca
Penulis: Shintaloka Pradita Sicca
Editor: Alexander Haryanto
Dari Sejawat
Infografik Instagram