Menikahi Pangeran Harry, Meghan Markle Tak Otomatis Bergelar Putri

Oleh: Yuliana Ratnasari - 28 November 2017
Dibaca Normal 1 menit
Meghan Markle tidak akan mendapat gelar “Putri” secara otomatis meskipun ia menikah dengan Pangeran Harry.
tirto.id - Pengeran Harry dan Meghan Markle telah bertunangan diam-diam pada awal November lalu. Pada Senin (27/11/2017), pasangan ini mengumumkan akan menikah musim semi tahun depan dan tinggal di Nottingham Cottage, Kensington Palace, tempat Harry tinggal sekarang.

Kakek-nenek Harry, Ratu Elizabeth II dan suaminya Pangeran Philip, merasa "gembira" untuk pasangan itu. Keduanya juga mendoakan Harry dan Markle mendapat setiap kebahagiaan, demikian juru bicara Istana Buckingham mengatakan.

Pihak Istana belum mengungkapkan gelar yang nanti akan diberikan pada Harry dan Markle saat menikah. Namun, seperti dilansir
CNN, Pangeran Harry diperkirakan akan dianugerahi pangkat Duke. Dengan begitu, Meghan Markle akan menjadi seorang Duchess.

Markle tidak akan mendapat gelar “Putri” secara otomatis meskipun ia menikahi seorang pangeran. Status kebangsawanan Princess baru akan bisa diklaim oleh anak perempuan Harry dan Markle nantinya. Sementara anak laki-laki mereka akan menyandang gelar “Pangeran”.

Sementara itu, mengutip The Guardian, Markle akan mendapatkan gelar “Yang Mulia” (Her Royal Highness), Princess Henry of Wales, tapi dia tidak akan menjadi "Putri Meghan" begitu dia secara resmi menikah dengan Pangeran Harry.

Dalam laporan BBC disebutkan, ini karena Meghan Markle bukan "keturunan kerajaan". Bahkan Kate Middleton bukan seorang Princess, demikian juga Camilla Parker Bowles - meski keduanya bergelar Duchess.

Pengumuman pertunangan pada Senin itu mengakhiri spekulasi terkait kapan pangeran berusia 33 tahun itu melamar aktris Amerika tersebut.

Pangeran Harry, yang kini berada di urutan kelima tahta kerajaan Inggris, dan tunangannya membuat penampilan publik pertama mereka sebagai pasangan pada September lalu di Invictus Games di Toronto.

Pasangan ini diperkenalkan pada Juli 2016 oleh teman-teman mereka di London, demikian Markle menuturkan pada September. Meghan Markle terkenal karena perannya dalam acara TV "Suits" dan juga kerja filantropisnya.


Wanita asal Los Angeles berusia 36 tahun tersebut berbicara tentang hubungannya dengan Harry untuk pertama kalinya pada awal tahun ini kepada Vanity Fair. "Kami adalah dua orang yang benar-benar bahagia dan mencintai,"
ucapnya.

Menanggapi kabar pertunangan Harry, Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton yang juga tinggal di Istana Kensington, berbagi kegembiraan mereka.

"Kami sangat senang dengan Harry dan Meghan. Menyenangkan mengetahui Meghan dan betapa senangnya dia dan Harry," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah penampilan singkat di Sunken Garden, Istana Kensington, Harry mengatakan kepada wartawan bahwa dia tahu Markle adalah "satu-satunya" sejak "pertama kali kita bertemu."

Markle mengatakan bahwa dia "sangat bahagia" dan menunjukkan cincin pertunangannya kepada wartawan.

Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN KERAJAAN atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari