Menhub Prediksi H-3 Lebaran Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 1 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Budi mengatakan libur Lebaran panjang turut meringankan beban lalu lintas selama mudik 2019, karena pergerakan mudik tersebar pada hari libur jelang Lebaran tersebut
tirto.id - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus mudik di pelabuhan penyeberangan Merak, Banten terjadi pada H-3 Lebaran 2019. Hal ini ia ungkapkan dalam pemantauan lapangan di Merak pada H-4 Lebaran.

Meskipun terjadi peningkatan penumpang, Budi mengatakan saat ini panjangnya libur Lebaran turut meringankan beban lalu lintas selama mudik 2019. Dengan demikian, pergerakan pemudik tersebar ketimbang menumpuk di tiga hari utama 29-31 Mei 2019.

“Memang terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak [...] Kami harapkan tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas, dengan begitu pemudik bisa mendapatkan layanan yang baik. Untuk puncak mudik di sini kelihatannya H-3 akan lebih padat,” ucap Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Sabtu (1/6/2019).

Meskipun saat ini situasi masih terkendali, ia memastikan Kemenhub dan kementerian terkait akan bekerjasama dengan pemerintah daerah serta kepolisian. Terutama untuk mengantisipasi kemacetan di Cikupa.


“Kita kerja sama dengan Kapolda dan Pemda Banten dan kita antisipasi sejak [di] Cikupa. Sistem proses masuknya kendaraan juga akan dipercepat. Apabila ada masyarakat yang tidak punya e-KTP, tetap bisa diinput data secara manual oleh petugas,” tambah Menhub.

Dalam kunjungannya, Budi juga didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek.

Dalam paparannya, Menkes Nilla mengatakan sebagai bentuk dukungan, kementeriannya juga menyiapkan posko kesehatan mengingat besarnya lalu lintas di area itu.

“Kita dukung dalam hal ini ada beberapa posko kesehatan dengan tetap ada yang jaga dokter, perawat, ambulan kita siapkan. Ada posko tujuh di sini karena lalu lintas cukup besar,” ucap Nilla.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight