Menhub: Pemudik Rute Pendek Disarankan Lewat Pantura

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 7 Juni 2019
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan bagi para warga yang masih akan melakukan perjalanan mudik jarak dekat, misalnya ke Cirebon maupun Brebes untuk menggunakan jalur Pantura.
tirto.id - Memasuki H+1 Mudik Lebaran 2019, banyak masyarakat yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke wilayah timur Pulau Jawa.

Merespons kondisi ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyarankan bagi para warga yang masih akan melakukan perjalanan mudik jarak dekat, misalnya ke Cirebon maupun Brebes untuk menggunakan jalur Pantura.

"Sekarang sampai KM 70 masih ada ruang kemudian KM 70 ke sana jadi saya sarankan kalau mudik ke Cirebon itu sekarang ini pakai Pantura aja jadi kalau ke Tasikmalaya ke selatan saja jadi enggak ganggu rencana kita lakukan (one way)," jelas dia saat kunjungan pemeriksaan ke Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat (7/6/2019).

Meskipun akan melakukan skema one way seperti yang sudah direncakan di awal, Budi Karya mengatakan, pihaknya tidak secara mutlak harus melakukan skema one way secara terus menerus.

Sebab pihaknya masih membuka ruang diskusi terkait jadwal penerapan one way atau penerapan rekayasa lalu lintas arus balik. Penerapan rekayasa lalu lintas juga akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Ingat tegas itu tidak mutlak karena kita masih memberikan ruang-ruang diskusi mengamati lapangan kalau ternyata di lapangan itu ada kecenderungan yang volumenya banyak kita tambahkan satu jalur ke arah timur," papar dia.

Ia menjelaskan, hasil dari diskusi itu adalah pemberlakuan one way di Tol Kalikangkung sampai Cikampek. Budi Karya menjelaskan waktu penerapan one way bisa dilakukan segera sesuai kebutuhan jika ada kondisi mendesak di lapangan. Misalnya, ada kepadatan kendaraan sebelum jalur one way.

"Just in case dalam hal di Kalikangkung terjadi penumpukan pukul 10.00 WIB nanti mungkin kita majukan menjadi pukul 11.00 WIB. Itu adalah kewenangan Kakorlantas yang melaksanakan. Kami terima kasih teman-teman yang di lapangan luar biasa," ujar dia.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight