Menhub Pastikan Perbaikan Landasan Pesawat Palu Selesai 11 Oktober

Oleh: Hendra Friana - 5 Oktober 2018
"Sepanjang 250 meter insyaallah akan kami selesaikan tanggal 11 (Oktober)."
tirto.id -
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan perbaikan landasan pacu atau runway Bandara Sis Al Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, telah direhabilitasi mulai diperbaiki.

"Sepanjang 250 meter insyaallah akan kami selesaikan tanggal 11 (Oktober). artinya tanggal 11 paling lambat tanggal 12 (Oktober) runway sepanjang 2250 meter bisa digunakan," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Sebelumnya 500 meter dari total 2500 meter landasan itu mengalami keretakan dan tak bisa dijadikan landasan pesawat berukuran besar.

Kerusakan itu disebabkan oleh gempa bermagnitude 7,4 skala richter yang mengguncang wilayah Palu dan Donggala Jumat sore pekan lalu.

Setelah perbaikan selesai landasan tersebut dapat kembali dipakai untuk pesawat besar seperti Hercules dan Pesawat CN 235. Sehingga, kata Budi, bantuan yang disalurkan lewat jalur udara bisa segera tiba di bandara.

"Airbus 320 juga 737 yang lain bisa mendarat. Sehingga dari Jakarta bisa langsung ke sana," imbuh Budi.

Selain landasan Pacu, ia juga memastikan bahwa Bandara Sis Al-Jufri bisa kembali beroperasi mulai pekan depan. Hal itu ia sampaikan lantaran tidak ditemukan kerusakan parah setelah pengecekan dilakukan Dirjen Cipta Karya.

"Tidak ada dampak (kerusakan) yang signifikan. hanya hal hal yang minor. ada tiang ada plafon (rusak) dan sebagainya. Nah ini juga akan saya upayakan dalam satu minggu sudah recovery," katanya.


Baca juga artikel terkait GEMPA PALU DAN DONGGALA atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight