Mengintip 3 Hp OPPO Reno 5 Terbaru 2021 yang Meluncur 12 Januari

Oleh: Ibnu Azis - 11 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Hp OPPO terbaru 2021 yang akan diumumkan pada 12 Januari ialah OPPO Reno 5, OPPO Reno 5 5G, dan OPPO Reno 5 versi Indonesia.
tirto.id - OPPO Indonesia akan menghadirkan 3 hp terbaru sekaligus di Tanah Air pada Selasa, 12 Januari 2021, yang semuanya dari seri Reno 5, yaitu Reno 5, Reno 5 5G, dan Reno 5 versi Indonesia.

OPPO Reno 5 dan Reno 5 5G dikonfirmasi kehadirannya pada akhir Desember 2020, sedangkan OPPO Reno 5 versi Indonesia dipastikan kelahirannya pada pekan lalu.

"Karena kita akan membuktikan kepada pusat bahwa Indonesia ketika membuat seri khusus itu memang ada market-nya," kata PR Manager OPPO Indonesia for OPPO Reno & A Series, Aryo Meidianto, di Jakarta pada 7 Januari 2021 dikutip Antara.


OPPO Reno 5

OPPO Indonesia dalam acara Pre-Launch OPPO pada 7 Januari 2021 telah mengungkap spesifikasi lengkap OPPO Reno 5.

"Platformnya adalah Snapdragon 720G, memori 8GB internal 128GB bisa diperluas hingga 256GB. Baterai adalah 4.310mAh dengan 50W Flash Charge," kata Aryo dalam acara tersebut dikutip Antara.

OPPO Reno 5 memiliki konfigurasi empat kamera pada bagian belakang, terdiri dari lensa utama 64MP F1.7, lensa ultra-wide 8MP f/2.2, lensa makro 2MP f/2.4, dan lensa mono 2MP f/2.4. Sedangkan di depan tersemat lensa 44MP.

OPPO Reno 5 adalah perangkat pertama yang menggunakan ColorOS 11.1. Antarmuka ini memiliki fitur utama Customizable Always on Display dan Flex Drop, membuat aplikasi dapat berjalan pada aplikasi lain atau beranda perangkat dengan layar kecil interaktif, yang mempermudah kemampuan multitasking pada Reno 5.

OPPO Reno 5 hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Fantasy Silver dengan finishing mate dan Starry Black dengan finishing glossy.

OPPO Reno 5 mengusung layar AMOLED 6,4 inci dengan 91,7 persen screen to body ratio, refresh rate 90Hz, in-display finger print, dan telah dilindungi Corning Gorila Glass 5.


OPPO meningkatkan kemampuan Reno 5 dengan membekali 50W Flash Charge yang diklaim 66,6 persen lebih cepat dari pendahulunya dan telah mengantongi sertifikasi dari TuV Rheinland.

Teknologi pengisi daya cepat 50W Flash Charge tersebut kompatibel dengan pengisian daya Quick Charge milik Qualcomm, Super VOOC milik OPPO, dan Power Delivery.

"Ketika kita mengisi ulang 5 menit dapat digunakan 3 jam untuk memainkan video, 31 menit pengisian daya tingkat dapat mengisi 80 persen, dan diselesaikan 100 persen selama 48 menit," kata Aryo.


OPPO Reno 5 5G

OPPO Indonesia tidak bicara banyak soal OPPO Reno 5 5G, tapi yang pasti perangkat ini diketahui menggunakan chipset Snapdragron 765G.

Snapdragon 765G di OPPO Reno 5 5G memberikan pengalaman tinggi kepada pengguna, koneksi internet yang lebih baik dan sharing data yang nyaman.

Snapdragon 765G merupakan prosesor Integrated 5G Platform, yang mendukung dynamic spectrum sharing dan mendukung non-standalone dan standalone 5G, atau mendukung jaringan 4G maupun 5G.

Snapdragon 765G memiliki kemampuan unduh hingga 3,7Gbps, juga memiliki generasi kelima AI Engine mendukung kecepatan 5,5 triliun operations per second, berkat kerja sama CPU Kryo 475 dan GPU Andreno 630.

Perjuangan OPPO untuk mendapatkan label "5G" pada Reno 5 tidak mudah. Kominfo mempersilakan OPPO untuk menyematkan 5G pada Reno 5, dengan syarat mengunci jaringan 5G pada perangkat tersebut untuk sementara waktu, hingga nantinya komersialisasi jaringan 5G telah berlangsung di Indonesia.

"Kami bisa memasarkan produk ini dengan tulisan 5G, tapi 5G-nya tetap terkunci sampai nanti tersedia untuk komersialisasi," kata Aryo.


OPPO Reno 5 Versi Indonesia

Selain Reno 5 5G, OPPO juga irit bicara soal OPPO Reno 5 versi Indonesia. Yang jelas, OPPO Reno 5 versi Indonesia dibuat khusus untuk pengguna di Tanah Air.

Kehadiran OPPO Reno 5 versi Indonesia disebut untuk memberikan lebih banyak opsi kepada konsumen sehingga teknologi OPPO akan menjangkau lebih banyak orang.

"Kita membuat berbagai macam lini seri karena kita ingin membuat semua orang itu bisa mencicipi teknologi terbaru dan inovasi terbaru dari OPPO," kata Aryo.

Meski harga seri OPPO Reno 5 baru akan diumumkan pada 12 Januari 2020, harga ponsel ini di Tanah Air ditaksir Rp5 jutaan, berkaca dari harga perangkat pendahulunya dan ponsel sejenis yang sudah dipasarkan di negara lain. Cek di sini untuk informasi selengkapnya.

Sementara, acara peluncuran OPPO Reno 5 series bisa disaksikan secara live streaming mulai pukul 18.45 WIB, melalui tautan ini.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight