Mengenal Voli Pantai: Aturan Permainan dan Ukuran Lapangan

Kontributor: Yunita Dewi, tirto.id - 27 Sep 2022 21:16 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Voli pantai mulai dimainkan pada dekade kedua awal Abad 20. Berikut ini penjelasan singkat aturan permainan voli pantai hingga ukuran lapangan.
tirto.id - Voli pantai termasuk olahraga tim yang dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing terdiri dari 2 orang. Permainan ini menyerupai bola voli, tetapi dengan lapangan berpasir pantai. Karena itu, ia disebut bola voli pantai (beach volleyball) atau sand volleyball.

Olahraga voli pantai berasal dari Selatan California dan Hawaii. Voli pantai dimainkan pertama kali pada tahun 1915 di Hawai (Pantai Waikiki) dan 5 tahun kemudian di Santa Monica, California.

Sekarang, tidak hanya populer di seluruh dunia, voli pantai bahkan sudah dilombakan dalam pesta olahraga selevel olimpiade. Voli pantai tercatat mulai dilombakan dalam olimpiade pada 1996, saat pesta olahraga musim panas dunia itu berlangsung di Amerika Serikat.

Beberapa tahun sebelum itu, tepatnya pada 1987, kejuaraan dunia voli pantai yang pertama juga sudah digelar. Fédération Internationale de Volleyball (FIVB) menggelar kejuaraan itu di Brasil.

Aturan Permainan Voli Pantai

Permainan voli pantai dilakukan dengan mengirim bola melewati net, disertai usaha menjatuhkan bola di wilayah permainan lawan. Usaha yang sama dari tim lawan bisa dicegah dengan blok atau sentuhan.
Sementara itu, aturan permainan voli pantai yang paling utama adalah setiap regu hanya dapat memainkan bola sebanyak tiga kali sentuhan untuk mengembalikan bola ke wilayah permainan lawan (termasuk blok).

Dalam voli pantai, bola bergulir dalam sebuah permainan melalui service yang dipukul oleh server melewati net ke arah lawan. Perguliran bola itu terus berlanjut hingga terjatuh di area permainan, baik out atau salah satu tim gagal mengembalikannya ke area lawan.

Tim yang bisa menggagalkan lawan mengembalikan bola (atau bisa mengembalikan tapi out) akan memperoleh 1 poin rally (sistem rally poin). Pemenang yang memenangkan rally meraih poin dan hak untuk melakukan service.

Dalam satu tim, kedua pemain boleh bertahan dan menyerang. Namun, dalam melakukan servis, keduanya harus bergantian.

Tim dinyatakan menang dalam pertandingan bola voli pantai jika sudah memenangkan 2 set. Tiap set berakhir ketika tim pemenang mencapai perolehan 21 poin. Sistem poin ini berlaku di set ke-1 dan ke-2. Jika kedudukan 1-1 dan berlanjut pada set 3 (penentuan) poin kemenangan adalah 15. Ada 2 poin tambahan jika selisih kedua tim tidak mencapai 2 angka saat menyentuh poin tertinggi.

Ukuran Lapangan Voli Pantai serta Bola dan Net

Berikut ini detail ukuran lapangan, bola, dan net dalam olahraga voli pantai:

1. Ukuran lapangan

Secara umum, ukuran lapangan voli pantai nyag berupa persegi panjang adalah 8 x 16 meter. Adapun garis tepi lapangan terbuat dari karet selebar 5cm.

2. Ukuran bola voli pantai

Bola untuk voli pantai punya keliling lingkaran 65-67 cm, dengan berat antara 260-280 gram. Tekanan di bola untuk voli pantai dibatasi 0,30-0,325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa)

3. Ukuran net voli pantai

Umumnya, net untuk voli pantai setinggi 2,44 meter (nomor putra) dan 2,24 meter (nomor putri).

Baca juga artikel terkait VOLI PANTAI atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Addi M Idhom

DarkLight