Advertorial

Mengenal Studysaster, Belajar Sembari Cegah COVID-19

Reporter: - 27 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apa Itu Model Pembelajaran Studysaster?
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan contoh model pembelajaran Studycaster sebagai alternatif belajar selama pandemi corona COVID-19.

Kemendikbud menyampaikan, meskipun belajar dari rumah, siswa tetap memiliki berkontribusi dalam pencegahan COVID-19.

"Begitu juga guru meski harus mengajar dari rumah, guru bisa berkontribusi dalam pencegahan Covid-19 dengan mengintegrasikan pendidikan tentang bencana kesehatan dalam pembelajaran," tulis Kemendikbud dalam akun resmi instagram ditjen.gtk.kemdikbud .

Apa Itu Model Pembelajaran Studysaster?

Istilah Studysaster diambil dari akronim “Study” dalam bahasa Indonesia berarti belajar dan “Disaster” berarti bencana. Jadi Studysaster adalah belajar di masa bencana.

Dikutip dari laman Guru Berbagi Kemendikbud, Studysaster adalah sebuah inovasi berupa model pembelajaran untuk mengintegrasikan pendidikan kebencanaan dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuannya meningkatkan minat siswa belajar kebencanaan berupa sintaks identification, search, plan, create, share, practice, communication.

Dengan model pembelajaran Studysaster, Kemendikbud berharap siswa mampu mengedukasi diri sendiri maupun orang lain tentang COVID-19. Caranya adalah dengan mengekspresikan diri dengan karya pembelajaran berupa puisi, cerpen, video, foto, poster, komik atau lainnya. Tentunya dengan bimbingan guru secara daring oleh guru pengampu setiap mata pelajaran.

Bagaimana Kegiatan Pembelajaran Studysaster?

1. Identification
Mengidenfikasi risiko/dampak yang dapat ditimbulkan bencana Covid-19 pada diri atau lingkungan.
2. Search
Mencari referensi tentang visual gambar poster kebencanaan /pandemi covid-19 di internet maupun sumber lain yang relevan.
3. Plan
Merencanakan pesan/ide apa yang akan disampaikan melalui poster.
4. Create
Memvisualkan rancangan/ide menjadi sebuah karya poster dengan pesan.
5. Share
Membagikan poster pencegahan Covid-19 yang dibuatnya kepada orang lain melalui media sosial, sehingga dapat dibaca oleh masyarakat luas.
6. Practice
Mempraktikkan secara nyata, pesan di dalam poster pada dirinya sendiri dan orang di sekitarnya.
7. Communication
Menjelaskan tentang konsep poster, langkah pembuatan dan praktek yang dilakukan melalui video smartphone.

Salah satu agenda Studysaster adalah pembuatan poster bertema cegah Covid-19 dengan berbagai bahan dan teknik, serta melakukan edukasi tentang virus tersebut kepada masyarakat luas melalui model pembelajaran Studysaster.

Contoh Rancangan Program Pembelajaran (RPP) Studysaster dapat diunduh di laman https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/membuat-poster-pencegahan-covid-19/


Baca juga artikel terkait STUDYSASTER atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: Advertorial

DarkLight