Mengenal Spektrum Autisme dalam Drakor It's Okay to Not Be Okay

Oleh: Anisa Wakidah - 13 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Selain It’s Okay to Not Be Okay, drama Korea Good Doctor, It’s Okay That’s Love, Kill Me Heal Me, dan Chocolate juga mengangkat masalah kesehatan mental.
tirto.id - It's Okay to Not Be Okay adalah drama Korea fantasi romantis tentang perawat bangsal psikiatri bernama Moon Gang-tae (Kim Soo Hyun) dan seorang penulis dongeng impulsif bernama Go Moon Yeong (Seo Ye Ji).

Pada drakor tersebut, Moon Gang Tae memiliki kakak penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD) atau gangguan spektrum autisme bernama Moon Sang Tae (Oh Jung Se).

Tayang di tvN, drama ini mengangkat cerita seputar kesehatan mental. Disutradarai Park Shin Woo dan ditulis oleh Jo Yong, It's Okay to Not Be Okay mencoba menggali sisi lain dari penyandang autisme.

Dilansir Forbes, Moon Sang Tae digambarkan sebagai karakter yang sulit memproses informasi tertentu, tidak bisa langsung mengenali emosi manusia, dan mudah bingung.

Moon Sang Tae ditampilkan sebagai sosok dengan selera yang unik. Ia identik dengan kemeja dan kaus kerah bergaris. Saat beraktivitas, Moon Sang-Tae selalu memegang erat ensiklopedia dinosaurus.

Moon Sang Tae juga identik dengan segala pernak-pernik dinosaurus, seperti lemari bercorak dinosaurus, baju dinosaurus, serta gantungan kunci berbentuk dinosaurus, sebagaimana dilansir HanCinema.

Tokoh Moon Sang Tae punya rasa ingin tahu yang tinggi, polos, dan selalu menonton kartun Dooly berulang-ulang, hingga menghafal setiap dialognya.

Pada akhir episode, Moon Sang Tae berhasil mewujudkan mimpinya sebagai ilustrator, saat proyek buku cerita anak pertamanya bersama Go Moon Yeong resmi diterbitkan.


Mengenal Spektrum Autisme

Dilansir MedlinePlus, spektrum autisme adalah gangguan neurologis dan perkembangan yang dimulai sejak masa kanak-kanak dan berlangsung sepanjang hidup seseorang.

Gangguan spektrum autisme mempengaruhi bagaimana seseorang bertindak dan berinteraksi dengan orang lain, berkomunikasi, dan belajar.

Cara berkomunikasi penyandang autisme mungkin berbeda dengan orang-orang pada umumnya. Dalam drama It's Okay to Not Be Okay, Moon Sang Tae saat berbincang tidak menatap mata lawan bicaranya.

Penyandang autisme juga memiliki minat terbatas dan perilaku berulang, mengucapkan kalimat yang sama berulang kali, serta sering terlihat berada dalam "dunianya" sendiri.

Selain It’s Okay to Not Be Okay, drama Korea yang mengangkat masalah kesehatan mental di antaranya Good Doctor, It’s Okay That’s Love, Kill Me Heal Me, dan Chocolate.

Sang sutradara pun sebelumnya pernah mengarahkan drama dengan tema yang sama saat menggarap Hyde, Jekyll and Me. Park Shin Woo juga dikenal melalui drama Korea romantis Encounter dan drakor misteri Phantom.

It's Okay to Not Be Okay sendiri tayang perdana pada 20 Juni 2020 dan episode terakhirnya on air pada 9 Agustus lalu. Selain di tvN, drakor ini juga bisa disaksikan secara streaming melalui Netflix.

Berikut trailer drama Korea It's Okay to Not Be Okay:


Baca juga artikel terkait ITS OKAY TO NOT BE OKAY atau tulisan menarik lainnya Anisa Wakidah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Anisa Wakidah
Penulis: Anisa Wakidah
Editor: Ibnu Azis
DarkLight