Mengenal Sonia Fergina Citra, Wakil Indonesia di Miss Universe 2018

Oleh: Alifa Justisia - 14 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Perwakilan Indonesia di ajang Miss Universe 2018, Sonia Fergina Citra memiliki latar belakang keluarga yang unik.
tirto.id - Sonia Fergina Citra bakal mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2018 yang akan digelar di Bangkok, Thailand, Minggu (16/12/2018). Sonia Fergina Citra berhasil menjadi perwakilan Indonesia usai Maret lalu resmi menyandang gelar Putri Indonesia 2018, mengalahkan dua kontestan lain wakil dari Banten dan Kalimantan Barat.

Lantas, siapakah sosok Sonia Fergina Citra?

Putri wakil Kepulauan Belitung ini lahir di Tanjung Pandan, Belitung pada 27 April 1993. Sonia, begitu namanya biasa dipanggil telah selesai mengenyam pendidikan Sastra Inggris di Universitas Bina Nusantara. Wanita berusia 26 tahun ini diketahui telah bekerja sebagai digital marketing di sebuah perusahaan di Jakarta.

Sonia memiliki latar belakang keluarga yang sangat unik. Ayahnya adalah seorang penganut Agama Kong Hu Chu, sedangkan ibunya Katholik. Lain halnya dengan kakak Sonia yang beragama Islam. Bahkan dilihat dari akun instagram pribadinya, wanita dengan tinggi 178 cm ini menuliskan pada kolom biodata-nya, ‘#BeDiverseBeTolerant.’

Fakta menarik ini juga dituliskan dalam situs resmi Missuniverse.com, “ Sonia berasal dari keluarga dengan latar belakang yang beragam dan anggota keluarga yang juga datang dari agama dan kultur yang berbeda. Sejak berusia muda, Sonia telah diajarkan mengenai arti toleransi dan menerima (perbedaan). Ia berharap dirinya dapat berbagi pesan akan arti toleransi di seluruh dunia.”


Sebelum memenangkan Putri Indonesia 2018, Sonia lebih dulu mengikuti berbagai ajang serupa, seperti Putri Pariwisata 2010, Bujang Dayang Belitung, Miss Oriental Tourism 2012, dan lain-lain. Ia bahkan memenangi sebagian dari ajang tersebut.

Di balik penampilannya yang feminin, Sonia ternyata belajar bela diri taekwondo sejak kecil, bahkan sejak tahun 2012 ia aktif menjadi Duta Taekwondo Kepulauan Belitung. Keahliannya di martial arts juga semakin banyak karena ia menggeluti bela diri tradisional asal Brazil yaitu Capoiera.

Putri Indonesia 2018 ini juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan keaktifannya sebagai volunteer organisasi “Diberi Untuk Memberi".

Organisasi tersebut bertujuan untuk memberikan makanan gratis bagi petugas kebersihan dan orang-orang kurang mampu. Sonia juga memberikan pelajaran membaca, menulis, dan berhitung untuk lansia di sebuah desa di Kabupaten Bangka Tengah.

Apapun yang akan terjadi, Sonia tentunya akan memberikan usaha terbaiknya di ajang Miss Universe 2018 nanti. Mari kita dukung Sonia Fergina Citra agar melaju menjadi pemenang kontes sejagat raya ini.

Baca juga artikel terkait MISS UNIVERSE 2018 atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Gaya Hidup)


Penulis: Alifa Justisia
Editor: Yantina Debora
Kontributor: Alifa Justisia