Mengenal Snapdragon 888 dan Daftar Ponsel yang akan Menggunakannya

Kontributor: Yuda Prinada, tirto.id - 7 Des 2020 21:32 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Chipset Snapdragon 888 menjanjikan banyak keunggulan. Tercatat, setidaknya sudah ada 10 merek ponsel yang akan menggunakan chipset ini.
tirto.id - Pada 1 Desember 2020, Qualcomm Technologies mengumumkan perilisan chipset Snapdragon 888. Chipset generasi terbaru ini dirilis dalam acara Qualcomm Snapdragon Tech Summit Digital.

Chipset terbaru keluaran Qualcomm ini dikatakan sebagai inovasi seluler terdepan dengan koneksi 5G, kecerdasan buatan (AI), elite game, dan kamera profesionalnya.

Pengembangan dari chipset yang sebelumnya bernama Snapdragon 865 ini diklaim akan memberi kepuasan lebih kepada pengguna, baik dari segi kualitas grafis, foto dan video, serta kemampuan untuk gaming.

Untuk meningkatkan performa, Snapdragon 888 memanfaatkan CPU Kryo 680. Berkat teknologi ini, kinerja smartphone bisa naik hingga 25 persen lebih tinggi daripada memakai chipset generasi sebelumnya.

Sementara untuk meningkatkan kualitas grafis, Snapdragon 888 menggunakan GPU Andreno, dan kemampuan yang dihasilkan bisa meningkat hingga 35 persen.

Kualitas koneksi dari chipset ini tentu tidak perlu diragukan karena menggunakan 5G. Selain itu, Teknologi FastConnect 6900 yang ada di Snapdragon 888 juga berperan meningkatkan koneksi WiFi 6. Kecepatannya dapat mencapai hingga 3,6 Gbps.

Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Snapdragon 888. Keunggulan itu seperti hematnya baterai, fitur kamera profesional dengan Spectra 580 ISP dan 4K HDR Video, serta keamanan dari Hypervisor Type-1.

"Sejarah penemuan teknologi terobosan Qualcomm telah membuka jalan bagi kepemimpinan berkelanjutan kami di segmen seluler tingkat premium," ujar Alex Katouzan, Wakil Presiden Senior serta Manajer Umum Seluler, Komputasi, dan Infrastruktur perusahaan Qualcom Technologies.

Selain ungkapan Alex tentang penemuan terbaru ini, Qualcomm juga mengungkapkan chipset ini akan digunakan oleh merek-merek ponsel baru yang dirilis pada tahun 2021.

Dikutip dari Antaranews, setelah pendiri Xiaomi Lei Jun mengonfirmasi penggunaan Snapdragon 888 pada Mi 11, dan kepala Redmi Lu Weibing mengumumkan persiapan ponsel Redmi k40 Pro, Black Shark juga akan dibekali chipset terbaru dari Qualcomm itu.

Selain Xiaomi, sudah terdapat beberapa merek ponsel yang berencana menggunakan Snapdragon 888 sebagai chipset pada smartphone keluaran terbarunya. Mengutip Android Authority, sudah dikonfirmasi terdapat 10 merek yang akan menggunakan chipset ini.

Berikut daftar merek smartphone yang akan menggunakan chipset Snapdragon 888:

  • Asus
  • Black Shark
  • LG
  • Motorola
  • Nubia
  • Oneplus
  • Oppo
  • Realme
  • Vivo
  • Xiaomi.

Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Addi M Idhom

DarkLight