Mengenal Smooth Handfish, Ikan Bertangan yang Dinyatakan Punah

Kontributor: Balqis Fallahnda, tirto.id - 17 Jul 2020 23:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ikan dengan sirip mirip tangan manusia dan hidup di laut Tasmania, Australia, belum lama ini telah dinyatakan punah. Apa penyebabnya?
tirto.id - Awal bulan ini, ilmuwan Australia mengkonfirmasi berita menyedihkan bagi bumi: ikan jenis smooth handfish dinyatakan telah punah. Kabar ini sekaligus menandai punahnya spesies ikan laut pertama yang hidup di zaman modern.

Smooth handfish merupakan satu dari empat belas spesies handfish. Smooth handfish memiliki nama lain Sympterichthys Unipennis dan merupakan hewan endemik di laut Tasmania, Australia.

Ikan smooth handfish pernah menjadi hewan yang umum di Australia Tenggara sehingga, pada awal eksplorasi ilmiah di kawasan tersebut pada awal 1800-an, oleh ahli zoology Prancis François Péron, smooth handfish menjadi spesies pertama yang dikumpulkan.


Sedangkan selama survei di laut yang ekstensif sejak tahun 2000, para penyelam tak menemukan sama sekali individu ikan smooth handfish. Oleh karena itu, spesies tersebut dinyatakan punah.

Smooth handfish merupakan ikan yang tidak biasa karena mereka tidak memiliki tingkat midwater untuk larva dari hewan ini. Sebagai gantinya, mereka melahirkan remaja yang telah terbentuk dan bisa langsung hidup di dasar laut.

Hal ini berarti mereka hanya hidup di beberapa daerah yang sangat khusus dan karenanya sangat rentan ditangkap. Habitat hewan yang memiliki sirip mirip tangan manusia ini juga rentan dirusak.

"Hewan ini menghabiskan sebagian besar waktunya diam di dasar laut, dengan sesekali mengepak beberapa meter jika mereka terganggu," kata Graham Edgar, ahli ekologi kelautan dari University of Tasmania, dikutip dari Scientific American.

Menurut Edgar, ia dan seluruh anggota Tim Pemulihan Ikan Nasional Australia menarik kesimpulan bahwa smooth handfish telah punah, pada awal tahun ini.

Daftar merah (Red List) dari The International Union for Conservation of Nature (IUCN) juga telah merilis status kepunahan smooth handfish.

Para ilmuwan tidak yakin persis apa yang menyebabkan spesies ini punah. Namun, spesies lainnya di habitat smooth handfish memang terancam penangkapan ikan, polusi, dan perubahan iklim.


Oleh karena itu, kegiatan penangkapan ikan yang massif sejak 53 tahun lalu diperkirakan memberi kontribusi besar terhadap kepunahan ikan smooth handfish.

"Spesies ini mungkin terkena dampak, baik lewat kematian langsung akibat tangkapan sampingan maupun perusakan habitat, oleh penangkapan kerang besar-besaran di wilayah itu, pada abad ke-20 hingga 1967," demikian pendapat para ilmuwan di Red List IUCN, seperti dilansir Phsy.org.


Baca juga artikel terkait HEWAN LANGKA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom

DarkLight