Mengenal Silver Play Button dan 4 Level YouTube Creator Awards

Oleh: Ibnu Azis - 28 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Silver Play Button diberikan bila sebuah channel telah mencapai 100 ribu subscriber. YouTube Creator Awards lainnya yaitu Gold, Diamond, dan Red Diamond.
tirto.id - Silver Play Button adalah salah satu level apresiasi dari YouTube bagi konten kreator dalam program Creator Awards. Apreasiasi ini diberikan berdasarkan ambang batas subscriber tertentu.

Silver Play Button diberikan bila sebuah channel telah mencapai 100 ribu subscriber. Sementara level lainnya yaitu Gold (1 juta subscriber), Diamond (10 juta subscriber), dan Red Diamond (100 juta subscriber).

"Program YouTube Creator Awards adalah cara kami untuk mengakui upaya luar biasa yang dicurahkan para kreator di channel-nya," tulis YouTube di laman Google Support sebagaimana dikutip Selasa (28/7/2020).

"Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan Creator Awards, Anda harus memenuhi kriteria kelayakan dan menyediakan informasi yang diperlukan," tulis YouTube pada penjelasan lainnya.

Syarat YouTube Creator Awards

Google mengatakan, agar memenuhi syarat untuk bergabung ke program YouTube Creator Awards, konten kreator harus memenuhi beberapa panduan, di antaranya sebagai berikut:

  • Mencapai ambang batas subscriber tertentu: Silver (100.000 subscriber), Gold (1.000.000 subscriber), Diamond (10.000.000 subscriber), Red Diamond (100.000.000 subscriber)
  • Memiliki akun Google yang aktif
  • Tidak ada teguran pedoman komunitas atau hak cipta yang belum terselesaikan
  • Mematuhi persyaratan layanan YouTube
  • Mematuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan untuk konten yang dimonetisasi
  • Konten utama harus orisinal. Channel yang berfokus pada kompilasi, video mix, seleksi, atau banyak menggunakan konten atau karakter berhak cipta milik orang lain mungkin tidak memenuhi syarat
  • Channel tidak boleh ditautkan ke akun yang telah dibatalkan
  • Tidak ada konten yang menipu, berisi spam, atau scam

Google menegaskan, YouTube Creator Awards diberikan sesuai kebijakan YouTube dan setiap channel akan ditinjau secara saksama untuk memastikan kriteria terpenuhi. YouTube hanya memberikan penghargaan kepada kreator yang mematuhi pedoman dan aturan.

YouTube Creator Awards hanya ditujukan untuk penggunaan pribadi, dan tidak boleh dijual atau diberikan kepada siapa pun di luar anggota tim channel.

Jika kebijakan tersebut dilanggar, pemilik channel dapat dikenai tindakan disipliner, seperti penyitaan penghargaan, ketidaklayakan untuk mendapatkan penghargaan di masa mendatang, dan kemungkinan penghentian akun YouTube atau Google.


Di Indonesia, kreator konten yang menerima Silver Play Button di antaranya yaitu channel Sobat Hape yang kerap mengulas soal gawai, atau Gerry Girianza yang gemar membahas soal kuliner.

Di level lebih atas, ada Gadgetin dan Nex Carlos untuk Gold Play Button, misalnya, serta Atta Halilintar dan Deddy Corbuzier untuk Diamond Play Button.

Sementara untuk Red Diamond Play Button sejauh ini baru diraih oleh dua channel, yaitu T-Series dan PewDiePie.


Baca juga artikel terkait YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight