Mengenal Sanvello, Aplikasi untuk Kesehatan Mental & Mencegah Stres

Oleh: Dewi Sekar Pambayun - 28 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah aplikasi menawarkan layanan untuk merawat kesehatan mental. Salah satu dari aplikasi itu adalah Sanvello yang menggratiskan layanannya selama pandemi virus corona (Covid-19).
tirto.id - Saat pandemi virus corona (COVID-19) masih berlangsung, banyak orang dapat mengalami masalah kesehatan mental, seperti stres hingga depresi, karena banyak aktivitas terbatasi.

Kesehatan mental bisa saja terganggu ketika orang atau anak terlalu lama beraktivitas di rumah dan tidak leluasa melakukan aktivitas pekerjaan maupun belajar di sekolah

Kekhawatiran berlebih terhadap risiko penularan virus corona juga bisa memicu masalah kecemasan pada sebagian orang. Selain itu, sebagian orang bisa pula merasa kesepian tingkat akut saat terlalu lama bekerja sendirian di rumah demi social distancing.

Mengutip laporan Very Well Mind, hasil sebuah studi di 15 negara menemukan bahwa 41 persen pekerja, dengan aktivitas kerja yang tinggi di rumah, merasa tertekan. Hanya 25 persen partisipan riset tersebut yang mengaku nyaman bekerja di tempat yang sama dalam waktu lama.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu bahkan merilis panduan merawat kesehatan mental selama pandemi. Dalam panduan itu, ada beberapa saran soal cara menjaga kondisi psikologis selama pandemi berlangsung.

Dengan demikian, pada saat pandemi Covid-19 belum mereda, menjaga kesehatan mental juga penting dilakukan selain terus berupaya memastikan tubuh tetap sehat dan bugar.

Saat ini, merawat kesehatan mental bisa dilakukan dengan memakai bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi yang memberikan layanan untuk merawat kesehatan mental adalah Sanvello.

Aplikasi ini menggratiskan layanannya selama pandemi, termasuk untuk akses premium. Pada saat ini, aplikasi Sanvello sudah tersedia di Google Play dan Apple Store.

Dalam web resmi Sanvello, disebutkan bahwa aplikasi ini menawarkan layanan terapi berupa teknik klinis untuk mengatasi stres, kecemasan, depresi, serta meningkatkan kualitas kesehatan mental.

Pengembang Sanvello juga mengklaim layanannya sudah terintegrasi dengan sistem perawatan kesehatan mental yang didukung oleh sejumlah terapis, dokter dan peneliti.

Sejumlah kategori layanan perawatan kesehatan mental di Sanvello adalah Self Care, Peer Support, Coaching, dan Therapy. Pengguna Sanvello dapat menyesuaikan permintaan pelatihan dan perawatan secara virtual yang berkualitas tinggi seperti merekam bagaimana mood pengguna, tingkatan stres yang dialami, hingga depresi yang dirasakan.

Situs resmi Sanvello menerangkan bahwa layanan aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna yang ingin mengatasi stres, kecemasan dan depresi dengan berbasis pada terapi kognitif-perilaku atau Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan mindfullness.

Salah satu layanan aplikasi ini ialah memberikan panduan terapi, yang dipadu dengan audio, yang memungkinkan pengguna bisa mempraktikkan teknik perawatan kesehatan mental sesuai dengan metode Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan mindfullness.

Meskipun kualitasnya tidak bisa disamakan dengan konsultasi langsung bersama terapis, layanan Sanvello diminati banyak orang. Pada awal 2019 lalu, aplikasi Sanvello sudah memiliki 2,6 juta pengguna yang teregistrasi.


Baca juga artikel terkait STRES atau tulisan menarik lainnya Dewi Sekar Pambayun
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dewi Sekar Pambayun, Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Addi M Idhom
DarkLight