Mengenal Perangkat Keras Komputer dan Jenis-jenis Hardware PC

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 19 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hardware atau perangkat keras komputer terdiri dari empat jenis yang saling bekerja sama dalam operasionalnya.
tirto.id - Perangkat keras atau hardware adalah semua komponen yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik dari sebuah komputer dan perlengkapannya.

Dilansir laman Kemendikbud, hardware bekerja sebagai satu kesatuan dan tidak berdiri sendiri dalam menjalankan fungsinya. Sebuah komputer sederhana, misalnya, memerlukan perangkat keras berupa CPU beserta komponen lengkap di dalamnya, macam monitor, keyboard, dan mouse.

Seperti dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 7 (Kemendiknas 2010), hardware dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu perangkat masukan data, perangkat pemrosesan data, perangkat penyimpanan data, dan perangkat keluaran data.

1. Perangkat Keras Masukan

Perangkat input bekerja dengan mengubah perintah yang dipahami manusia ke bentuk yang dimengerti komputer. Komputer memahami perintah tersebut dengan kode biner yang terdiri dari angka 0 dan 1. Input yang diberikan dapat berupa signal input maupun maintenance input.

Signal input adalah data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Sementara maintenance input berupa program yang dipakai dalam mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input bisa dipakai untuk memasukkan data dan program sekaligus.

Contoh perangkat input yaitu mouse, keyboard, joystick, scanner, card reader, MICR (magnetic ink character recognition), dan touch screen. Semua input ini disebut perangkat input langsung. Lalu, contoh perangkat input tidak langsung adalah magnetic disk (harddisk atau disket) dan optical disk (CD, DVD, VCD).


2. Perangkat Pemrosesan Data

Perangkat pemrosesan data disebut dengan Central Processing Unit (CPU). CPU menjadi komponen penting yang menjadi otak komputer dalam mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. Tugas utamanya melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer.

Di dalam CPU terdapat beragam komponen yang bekerja bersama-sama, seperti motherboard, prosesor, memori(RAM), VGA, dan sound card.

3. Perangkat Penyimpanan Data

Nama lain perangkat ini adalah storage. Perangkat penyimpanan data adalah media yang digunakan untuk menyimpan informasi baik menggunakan magnetisasi medium tertentu, atau sinar laser (optical disk). Sebuah sistem komputer wajib memiliki hardware ini.

Contoh media penyimpanan cukup beragam saat ini. Contohnya magnetic disk (floppy disk dan harddisk), optical disk (CD dan DVD), pen drive (USB flash drive dan ZIP drive), card (ATM dan chip-card), dan pita (cassette dan reel to reel tape).

4. Perangkat Keras Keluaran

Hardware ini berguna untuk mengeluarkan hasil pemrosesan atau pengolahan dari CPU menuju media yang dapat dibaca manusia maupun dapat digunakan sebagai penyimpanan data hasil proses. Contoh dari perangkat ini adalah monitor, printer, plotter, dan speaker.


Baca juga artikel terkait KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis
DarkLight